Sukses

NASA Luncurkan `Piring Terbang` Manusia ke Mars

NASA tidak pernah berhenti melakukan eksperimen perjalanan ke luar angkasa, khususnya ke planet Mars.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) memang tidak pernah berhenti melakukan eksperimen perjalanan ke luar angkasa, khususnya ke planet Mars.

Buktinya, baru-baru ini NASA baru saja meluncurkan wahana uji coba Low-Density Supersonic Decelerator (LDSD) ke planet merah tersebut.

Berdasarkan informasi yang dilansir laman ABC News, wahana luar angkasa yang berbentuk piring terbang itu lepas landas dari Fasilitas Misil Pasifik Angkatan Laut AS di Kauai, Hawaii.

Menurut kabar yang beredar, rupanya keberangkatan kali ini merupakan uji coba kedua LDSD. Wahana piring terbang tersebut dirancang dengan tujuan untuk mendaratkan manusia di planet Mars. Sejauh ini, selama dua kali uji coba, kendaraan itu mampu bekerja dengan lancar, kecuali pada bagian fungsi parasut.

Tahun lalu, parasut yang tersemat di LDSD sempat bermasalah dan membuat kinerjanya menjadi terhambat. Hal ini membuat para engineer dari NASA merancang ulang parasut supersonik yang digunakan.

Mark Adler, Manajer Proyek di Laboratorium Propulsi Jet NASA menyatakan bahwa uji coba LDSD pada tahun ini berfokus pada rancangan parasut supersonik terbaru. "Kami berpikir bahwa kami punya rancangan hebat yang siap untuk tantangan ini, tapi bukti itu perlu disaksikan semua orang," tutur Mark.

Ia juga mengatakan bahwa dengan berat 3 ton dan bentang lebih dari 4,5 meter, LDSD merupakan "potongan" penting dari teknologi masa depan untuk menunjang kemudahan transportasi ke luar angkasa.

(jek/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini