Sukses

Nge-game di YouTube, PewDiePie Kantongi Rp 53 Miliar Setahun

PewDiePie menjadi salah satu bintang YouTube terkaya dengan pendapatan Rp 53 miliar per tahun.

Liputan6.com, Jakarta - PewDiePie, siapa sih gamer yang tidak kenal nama tersebut? Ya, pria beken asal Swedia ini rupanya kembali menjadi sorotan di dunia maya.

Kali ini, pria dengan nama asli Felix Kjellberg tersebut dikabarkan mampu meraup keuntungan besar-besaran lewat akun YouTube-nya.

Laman Gamespot, Selasa (16/6/2015) melansir bahwa PewDiePie rupanya mampu mengantongi penghasilan sebesar US$ 4 juta atau sekitar Rp 53 miliar dalam waktu setahun. 

Seperti yang diketahui, PewDiePie memang memiliki akun resmi di YouTube dengan isi dari channel-nya kebanyakan video walkthrough dengan komentar konyol dan lucu yang mampu memancing para gamer untuk melihat cara bermainnya. Sampai saat ini channel Youtube-nya tersebut mampu menggandeng 27 juta subscriber.

Bermodalkan kamera dan konsol kesayangannya, ia membuat banyak video "Let's Play" dari berbagai macam judul game populer. Akun PewDiePie sendiri dibuat pada tahun 2010. Pada Desember 2012, ia menandatangani sebuah kontrak dengan kreator konten video online Maker Studios. Usahanya pun berbuah manis, konten video PewDiePie akhirnya dijual ke Disney.

Setidaknya, terdapat ratusan video Let's Play, review game dan beberapa video animasi konyol yang ia unggah di channel-nya. Masing-masing dari videonya pun mendapatkan rate view yang cukup tinggi, minimal 2 juta views per video.

PewDiePie mengungkap bahwa video yang ia buat tidak hanya untuk membantu para gamer menemukan solusi ketika kesulitan menyelesaikan sebuah game. Namun tak hanya itu, ia juga ingin "menginspirasi" para developer game untuk membuat game yang tidak hanya seru untuk dimainkan, tetapi juga dapat dinikmati dan dilihat orang lain ketika dimainkan.

Sebelum menjadi bintang YouTube, Kjellberg menjalani masa studinya di universitas Gothenburg, Swedia. Sayangnya, ia berhenti kuliah dan memilih berbisnis jualan hot dog.

Nama PewDiePie sendiri datang dari nama "pew" yang artinya suara dari senjata laser gun dan "die" yang artinya mati. Namun, ia mengungkap ketika ia lupa nama password-nya di sebuah akun pribadinya, ia harus membuat nama baru. Akhirnya, ia memilih nama "pie" dan menjadi PewDiePie.

(jek/dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini