Sukses

170 BTS XL Siap Layani Pelanggan yang Lintasi Tol Cipali

Untuk mengakomodir kebutuhan berkomunikasi masyarakat yang melintasi jalan tol Cipali, XL mengoperasikan 170 BTS.

Liputan6.com, Jakarta - Ruas jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sudah resmi dibuka. Untuk mengakomodir kebutuhan berkomunikasi masyarakat yang melintasi jalan tol terpanjang di Indonesia ini, PT XL Axiata Tbk (XL) mengoperasikan 170 BTS. 

"XL juga memprioritaskan pemasangan infrastruktur jaringan yang memadai di sepanjang jalan tol ini, dan puluhan BTS sudah bisa melayani pelanggan sejak pertama kali jalan ini dibuka untuk dilintasi," kata Direktur dan Chief Service Management Officer XL, Ongki Kurniawan.

Rata-rata kualitas jaringan XL di sepanjang tol sejauh 116,7 km ini diklaim cukup baik. Dalam keterangannya, Rabu (17/6/2015) Ongki mengatakan sekitar 50 persen telah terlayani oleh jaringan 3G. Sementara itu ruas jalur yang tidak mendapatkan layanan 3G, terlayani oleh jaringan 2G dengan kualitas yang baik. Ke depannya, XL akan terus meningkatkan kualitas jaringan di sana.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat mudik Lebaran, XL juga sudah menyiapkan beberapa rencana. Salah satunya dengan menempatkan beberapa mobile BTS di Cipali. Selain itu, juga ada tambahan 22 BTS 3G yang akan siap melayani pelanggan sebelum musim mudik Lebaran.

Selain di Cipali, XL juga sudah menempatkan infrastruktur jaringan di sepanjang jalan tol baru lainnya, yaitu Tol Gempol – Pandaan di Jawa Timur. Pada jalan bebas hambatan sepanjang 13,6 km tersebut, XL menempatkan 18 BTS untuk memastikan layanan XL mampu terakses bagi pelintas dan masyarakat di sekitarnya. Jalan ini akan menjadi pilihan utama lalu-lintas antara Surabaya – Malang, yang selama ini dikenal dengan rawan macetnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik di sejumlah jalur utama mudik jelang Idul Fitri 2015, XL juga telah mempersiapkan secara maksimal jaringannya baik di Jawa maupun di pulau-pulau utama lainnya.

Sampai saat ini XL telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu km, serta BTS sebanyak lebih dari 52 ribu BTS (4G/3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.