Sukses

Surabaya Zoo, Aplikasi Khusus Kebun Binatang Surabaya

Surabaya Zoo merupakan aplikasi mobile yang menyajikan berbagai informasi seputar Kebun Binatang Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat, anggota dari Grup Ooredoo, telah meluncurkan aplikasi baru bagi masyarakat untuk mengetahui informasi seputar kebun binatang.

Aplikasi yang disebut Surabaya Zoo ini merupakan bentuk inovasi perusahaan untuk membantu Surabaya dalam meningkatkan wisatawan dan bentuk dukungan konservasi satwa.

‎Herfini Haryono, Chief Information Officer Indosat mengungkapkan, Surabaya Zoo merupakan aplikasi mobile yang menyajikan berbagai informasi seputar Kebun Binatang Surabaya.

Aplikasi ini diklaim sangat bermanfaat bagi pengunjung seperti informasi ‎binatang yang dimiliki, jadwal atraksi binatang, peta digital area kebun binatang, permainan interaktif, serta berbagai fasilitas yang ada di area kebun binatang.

"Kami berharap aplikasi mobile edutainment ‎ini menjadi sarana upaya pengumpulan dana yang transparan (auditable) untuk membantu konservasi serta sarana edukasi secara digital tentang kebun binatang, sekaligus mendorong dan meningkatkan minat masyarakat dan wisatawan untuk berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya,” ujar Herfini Haryono‎, Kamis (18/6/2015).

Aplikasi yang dibuat sebagai bagian dari kegiatan tanggung jawab perusahaan (CSR) ini mempunyai tampilan yang menarik, mudah untuk digunakan, interaktif, dan menyenangkan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara karena memiliki fasilitas dwi-bahasa.

Hadirnya Surabaya Zoo bertujuan untuk memperluas pemahaman dan apresiasi masyarakat tentang fungsi taman satwa, sekaligus mendukung pelestarian satwa Indonesia, khususnya yang dikelola di Kebun Binatang Surabaya.

Sebagai Media Donasi

Sementara itu, Aschta Nita Boestani Tajudin, Pjs. Direktur Utama Kebun Binatang Surabaya mengatakan, kehadiran Surabaya Zoo merupakan inisiatif dari Indosat untuk menerapkan teknologi telekomunikasi sebagai media donasi melalui menu Donate & Gives Loves.  

Dengan Donate & Gives Loves, masyarakat dapat berpartisipasi untuk membantu konservasi melalui program sms donasi ke hewan favorit pilihannya. Adapun nilai nominal donasi yang dapat dipilih sebesar Rp 2.000, Rp 5,000, Rp 10.000, Rp 25.000 dan Rp 50.000. Program ini dapat diikuti oleh pelanggan Indosat.

"Kami berterima kasih atas segala upaya yang telah dilakukan Indosat, sehingga tercipta aplikasi yang kami harapkan akan semakin meningkatkan nilai Kebun Binatang Surabaya sebagai salah satu tujuan wisata yang semakin diperhitungkan wisatawan," tegasnya.

Karya Anak Bangsa

Surabaya Zoo dihadirkan Indosat bersama dengan pengembang lokal anak bangsa yang syarat dengan prestasi sebagai technopreneur muda yaitu Sandy Colondam.

Masyarakat dan pengunjung dapat menikmati aplikasi ini dengan menggunakan operator manapun yang memiliki smartphone berbasis sistem operasi Android dengan mengunduh aplikasi Surabaya Zoo melalui layanan Google Play Store secara gratis.

Sebelumnya, Indosat juga memperkenalkan aplikasi mobile dengan konsep yang serupa yaitu Ragunan Zoo. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pengunjung mendapatkan informasi tentang binatang, info jadwal atraksi binatang, peta digital area kebun binatang, games interaktif, serta berbagai fasilitas yang ada di area kebun binatang.

(yas/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.