Sukses

Cortana Sambangi Android Bulan Depan

Cortana, asisten virtual besutan Microsoft akan hadir di perangkat Android bulan depan.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda pengguna smartphone berbasis Windows Phone, pastinya sudah familiar dengan nama Cortana - sebuah personal assistant pintar yang dapat menolong Anda dengan voice command - sejenis Siri yang hadir di iOS. 

Microsoft mengumumkan bahwa mereka tidak hanya akan membatasi Cortana di Windows Phone. Dalam waktu dekat, pihaknya berencana akan meluncurkan asisten virtual tersebut di perangkat Android dalam bentuk aplikasi.

Mengutip laman Blog Microsoft, Kamis (18/6/2015), Cortana akan segera meluncur pada Juli 2015. Nantinya, di saat yang sama Microsoft juga mempersiapkan Cortana agar dapat diunduh di perangkat berbasis iOS.

"Visi kami adalah menyediakan aplikasi asisten virtual yang bersifat personal dan tersedia dalam lintas sistem operasi untuk sebuah perangkat, dimana saja dan kapan saja," tulis Marcus Ash, staf Microsoft di Blog Microsoft.

Dengan hadirnya Cortana di sistem operasi Android dimaksudkan untuk mempermudah sinkronisasi data antara perangkat smartphone dan tablet berbasis sistem operasi Windows besutan Microsoft dengan perangkat Android.

"Pengguna nanti bisa meminta Cortana untuk mengingatkan dirinya membawa jalan anjing peliharaannya pada pukul 8 pagi. Lalu saat sedang bermain game di konsol Xbox, Cortana akan muncul dan mengingatkan pengguna waktunya sudah cukup," tambah Microsoft di dalam penjelasan tertulisnya.

Untuk konsol Xbox One, Cortana bakal bisa diunduh pada kuartal ketiga mendatang, khususnya untuk para pengguna di Amerika Serikat dan Inggris.

"Cortana akan membantu para gamer untuk mencari game yang diinginkan secara lebih cepat dan mudah, serta mencari teman bermain game di Xbox Live dengan cepat," tulis Marcus.

Microsoft menambahkan, Cortana bisa bekerja secara adaptatif untuk lintas sistem operasi berbeda. Ini diharapkan dapat membantu penggunanya untuk memanfaatkan berbagai fitur yang dimiliki lewat perangkat yang berbeda, baik smartphone ataupun komputer pribadi (personal computer).

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini