Sukses

Akun `Jual Bayi Murah` di Instagram Gegerkan Netizen

Pantauan kami, sejauh ini akun Instagram tersebut baru mengunggah enam foto bayi.

Liputan6.com, Jakarta - Jejaring sosial Instagram kembali dibuat gempar oleh salah satu akun kontroversial. Akun bernama `jualbayimurah` tersebut menawarkan bayi yang hendak dijual dari beberapa foto yang diunggah.

Saat ini, pihak kepolisian tengah mengusut apakah akun tersebut benar dibuat untuk keperluan transaksi ilegal jual beli bayi online. Di akun tersebut, tertulis tulisan `TRUSTED` yang memberikan kesan seakan-akan akun tersebut telah dipercaya dalam melakukan transaksi jual beli, layaknya trusted seller toko online.

Selain itu, tertulis sebuah alamat panti asuhan Parartasih yang beralamat di Jl Jatinegara Barat, Jakarta Timur, lengkap dengan nomor telfonnya. Bahkan, ditambah dengan embel-embel `ambil bayi langsung melalui panti asuhan`.

Tim Tekno Liputan6.com mencoba mengonfirmasi ke kontak tersebut, namun tidak ada respon maupun jawaban sama sekali. Pantauan kami, sejauh ini akun tersebut baru mengunggah enam foto bayi. Foto bayi pertama diunggah kira-kira delapan bulan yang lalu.

Akun Instagram `Jual Bayi Murah`

Kontan, para netizen Instagram pun meracau tiap foto yang diunggah masing-masing dari foto bayi lucu yang diunggah di akun tersebut, bahkan kebanyakan dari mereka langsung me-mention akun Instagram @polisi_indonesia agar langsung melihat akun tersebut dan menindaklanjutinya.

"HOAX, hati-hati ya pasang foto bayi Anda di social media. Akun ini yang buat orang sakit jiwa atau organisasi yang sudah terorganisir. Tolong jangan di follow. @polisi_indonesia” kata @angelvandani yang berasumsi bahwa akun ini merupakan akun hoax.

Pengguna Path dibikin geger oleh postingan seorang ibu yang mengaku foto buah hati tercinta terpampang di salah satu akun Instagram

"Ini mah gambar bayi dari Google!” ujar pengguna lain dengan nama @amaliaf27_08.

"Jangan-jangan foto anak gue bisa diambil sama akun ini, astaga… astagaaa…” tutur pengguna Instagram lainnya yang bernama @bindypde.

"SINTING! Bayi kok dijual emang barang! Tutup akun ini dan STOP menjual bayi atau kami laaporkan ke polisi! Insane!" tulis pengguna dengan nama @chacasitohang.

Sejauh ini, belum ada kejelasan terkait apakah akun ini memang benar dibuat untuk melakukan transaksi ilegal jual beli bayi apakah hanya akun palsu semata. Pihak kepolisian pun sedang mencari tahu kebenaran akun Instagram ini dengan mengerahkan pihak intel dan reserse.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.