Sukses

Harga iPhone 6 di Venezuela Tembus Rp 600 Jutaan

Kondisi ekonomi negara yang terletak di wilayah Amerika Selatan itu mengalami inflasi yang sangat parah.

Liputan6.com, Jakarta - Venezuela tengah dilanda krisis ekonomi. Kondisi ekonomi negara yang terletak di wilayah Amerika Selatan itu mengalami inflasi yang sangat parah sehingga menyebabkan kenaikan harga barang di berbagai lini, tak terkecuali perangkat teknologi.

Menurut yang dilansir laman Bloomberg, Selasa (23/6/2015), harga satu unit iPhone 6 kini menembus angka US$ 47.000 atau setara dengan Rp 625 jutaan di Venezuela.

Nilai tukar mata uang Venezuela (bolivar) terhadap dolar Amerika Serikat memang mengalami titik terendah dalam beberapa bulan terakhir. Kini, tercatat 1 dolar AS setara dengan 12 bolivar Venezuela.

Meski begitu, peredaran produk teknologi di pasar gelap Venezuela disebutkan masih cukup stabil. Satu unit iPhone 6 black market di Venezuela dihargai US$ 657 atau setara dengan Rp 8,7 jutaan, sesuai dengan harga pasaran di masa stabil.

Kondisi ini memicu semakin menjamurnya black market dan pihak pemerintah Venezuela sendiri mengaku belum dapat bertindak lebih jauh.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.