Sukses

Berkat Alat Ini, Tunanetra Bisa `Melihat` Melalui Lidah

Kabar baiknya, perangkat inovatif ini diinformasikan akan mulai dijual.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tahun lalu, sebuah perangkat bernama BrainPort diciptakan. Device ini memungkinkan tunanetra `menavigasi dunia` menggunakan lidah mereka.

Tepatnya adalah perangkat ini menggunakan lidah pemakainya untuk membimbing mereka berjalan. Kabar baiknya, perangkat inovatif ini diinformasikan akan mulai dijual.

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, BrainPort menempatkan satu set elektroda ke dalam mulut pengguna, yang terhubung ke kacamata hitam yang dikenakan mereka (tunanetra). 

Perangkat ini menangkap gambar melalui kamera digital yang terpasang di kacamata. Kemudian kamera tersebut mengubah gambar menjadi sinyal listrik dan selanjutnya mengirimkan pesan ke sensor yang dimasukkan dalam lidah.

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (24/6/2015), kacamata yang ada dapat memperkirakan jarak, gerakan, dan bentuk. BrainPort sendiri diciptakan dan dikembangkan oleh Wicab Inc. yang berpusat di Wisconsin, Amerika Serikat.

(isk/dhi)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.