Sukses

Menkominfo Akan Luncurkan 4G LTE 1800 Mhz di Makassar

Menkominfo memilih kota Makassar sebagai lokasi peluncuran layanan telekomunikasi berbasis 4G LTE di frekuensi 1800 Mhz.

Liputan6.com, Makassar - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara memilih kota Makassar sebagai lokasi peluncuran layanan telekomunikasi berbasis 4G LTE (Long Term Evolution) di frekuensi 1800 Mhz untuk kawasan timur Indonesia.

Kepastian peluncuran 4G LTE di kota Makassar disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Muhammad Ismoenandar usai bertemu Walikota Makassar, Moh. Romdhan Pomanto di ruang kerja Walikota Makassar, selasa (23/6/2015).

"Insya Allah, Pak Menteri akan berada di Makassar pada tanggal 6 juli 2015. Lokasi peluncuran 4G untuk kawasan timur Indonesia rencananya akan dipusatkan di kota Makassar, tepatnya di anjungan Pantai Losari " ujar Ismoenandar.

Terpisah, Walikota Makassar, Moh. Romdhan Pomanto saat dikonfirmasi memberikan respon positif terkait perkembangan tersebut.

"Ini sebenarnya sudah beberapa kali kami diskusikan dengan Pak Menteri setiap ada momen bertemu. Dan alhamdulillah ini ternyata direspon lebih cepat. Padahal rencana awalnya layanan 4G baru akan diterapkan tahun depan" tutur Danny, sapaan akrab Moh. Romdhan Pomanto.

Menurutnya, penerapan 4G di Makassar sesuai dengan skenario yang telah dibangun terkait sejumlah program unggulan yang disiapkan dalam mendukung smart city.

"Ini perkembangan yang positif. Apalagi sejumlah program kita sangat bergantung pada kekuatan jaringan internet. Ini jelas sangat berdampak pada sejumlah program unggulan kita, seperti program War Room, carester, home care, Telemedicine, Tangkasaki, dan lainnya" ucapnya.

Penerapan 4G di kota Makassar, lanjut Danny, juga akan membawa perubahan dan dampak yang sangat besar bagi warga kota Makassar yang dikenal sebagai salah satu kota yang paling tinggi penggunaan internetnya di Indonesia.

"Ini era baru bagi warga Makassar. Layanan 4G akan membantu warga yang biasa melakukan pengiriman data berskala besar. Kita tidak akan lagi mengalami gangguan pada saat proses pengiriman data, maupun saat men-dowload data besar," lanjutnya.

Sebelumnya, di beberapa media nasional, Rudiantara menyebut Makassar sebagai kota pertama tempat penyelenggaraan 4G frekuensi 1800 Mhz di wilayah timur Indonesia.

Proses migrasi ke frekuensi 1800 Mhz hampir dilakukan oleh semua operator seluler, baik Telkomsel, Indosat, XL, dan Hutchison Tri.

(eka/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini