Sukses

Top 5: Tunanetra Bisa `Melihat` Melalui Lidah Paling Hits

Berikut Top 5 berita terpopuler yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin, Rabu (24/6/2015).

Liputan6.com, Jakarta - Berikut Top 5 berita terpopuler yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin, Rabu (24/6/2015).

1. Berkat Alat Ini, Tunanetra Bisa `Melihat` Melalui Lidah

Beberapa tahun lalu, sebuah perangkat bernama BrainPort diciptakan. Device ini memungkinkan tunanetra `menavigasi dunia` menggunakan lidah mereka. Tepatnya adalah perangkat ini menggunakan lidah pemakainya untuk membimbing mereka berjalan. Kabar baiknya, perangkat inovatif ini diinformasikan akan mulai dijual. BrainPort menempatkan satu set elektroda ke dalam mulut pengguna, yang terhubung ke kacamata hitam yang dikenakan mereka (tunanetra). Perangkat ini menangkap gambar melalui kamera digital yang terpasang di kacamata. Kemudian kamera tersebut mengubah gambar menjadi sinyal listrik dan selanjutnya mengirimkan pesan ke sensor yang dimasukkan dalam lidah.

2. 5 Aplikasi iOS Penunjang Ibadah Puasa

Menyambut bulan penuh berkah Ramadan 1436 H, toko aplikasi App Store milik Apple menyediakan kategorisasi aplikasi khusus Ramadan. Kategori aplikasi khusus Ramadan yang diberi nama `Month of Ramadan` tersebut disediakan untuk memudahkan pengguna perangkat iOS memilih aplikasi yang bermanfaat bagi kegiatan puasa tahun ini. Berikut adalah 5 aplikasi penunjang ibadah di bulan Ramadan dari platform iOS: Ramadan Tracker, Muslim Pro, i4islam Radio, Juz'Amma Indonesia dan Al-Quran.

3. Inikah 4 Lumia Terbaru?

Smartphone terbaru Microsoft kembali menjadi topik pembicaraan. Kali ini, raksasa software itu dikabarkan menyiapkan empat smartphone Lumia. Menurut yang dilansir laman Phone Arena, Rabu (24/6/2015), salah satu pembocor informasi populer di industri mobile, Evan Blass, memberikan bocoran soal smartphone terbaru Microsoft. Melalui akunnya, @evleaks, keempat Lumia itu disebut memiliki kode nama "Guilin", "Honjo", "Saana", dan "Saimaa". keempatnya disebut akan menjadi perangkat Lumia dengan sistem operasi (OS) Windows 10. Namun sayang spesifikasinya belum terungkap.

4. Orang Indonesia Doyan Belanja Online Saat Sahur

Bila di hari biasa, masyarakat Indonesia lebih banyak yang berbelanja online di pagi hari ketika tiba di kantor, lain halnya dengan hari di sepanjang bulan Ramadan. Hengky Prihatna, Industry Head Google Indonesia mengatakan, berdasarkan data yang ada orang lebih sering berbelanja online di waktu sahur selama Ramadan. "Trafik e-Commerce meningkat 152 persen saat sahur, lalu agak menurun di siang hari dan pada saat berbuka puasa. Mungkin mereka berbelanja online sambil menunggu waktu imsak. Kalau saat berbuka puasa, mungkin sibuk menyiapkan makanan," kata Hengky di Jakarta.

5. Sony Uji Coba 4 Smartphone Terbarunya

Sony dikabarkan tengah menyiapkan empat smartphone terbaru. Saat ini prototype keempat produk tersebut dilaporkan akan menjalani tahap pengujian di India. Empat smartphone Sony itu terlihat muncul dalam website pelacak impor dan ekspor India, Zauba. Masing-masing terdaftar dengan nama Seahawk Rex PQ, Eagle Rex AP, Seahawk Gina AP dan Eagle Rilads AP. rata-rata harga setiap produk adalah US$ 617 atau berkisar Rp 8,1 jutaan. Karena harga yang cukup tinggi, diperkirakan semuanya akan menjadi dikategorikan ke dalam handset high-end.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.