Sukses

Facebook Kembangkan Teknologi Penebak Wajah

Melalui teknologi ini, Facebook bisa mengetahui identitas seseorang meski wajahnya tidak terlihat jelas di foto.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook tengah mengembangkan teknologi facial-recognition (pengenal wajah) baru. Melalui teknologi ini, Facebook nantinya bisa mengetahui identitas seseorang meski wajah mereka tidak terlihat dengan jelas di foto. 

Teknologi ini dapat mengenali orang di dalam foto menggunakan fitur karakteristik. Untuk menguji algoritmanya, Facebook memindai lebih dari 40 ribu foto publik di layanan Flickr. Ada wajah yang terlihat jelas dan tidak, dalam foto-foto tersebut.

Hasil tingkat akurasi pengujian dengan software tersebut mencapai 83 persen. Algoritma Facebook itu meneliti berbagai atribut termasuk rambut, pakaian dan tipe badan untuk mengetahui siapa saja yang ada di dalam foto.

"Contohnya, Anda bisa mengenali Mark Zuckerberg (CEO Facebook) dengan sangat mudah karena dia selalu mengenakan baju kaus berwarna abu-abu," jelas Head of Artificial Intelligence Facebook, Yann LeCun.

Menurut yang dilansir laman Mashable, Jumat (26/6/2015), saat ini algoritma Facebook tersebut masih dalam tahap pengujian. Tak menutup kemungkinan teknologi akan hadir di layanan Facebook suatu hari nanti.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini