Sukses

Facebook Masih Didominasi Pria dan Kulit Putih

Facebook telah kembali merilis data statistik tenaga kerjanya untuk tahun 2015. Dan hasilnya? Tidak ada perubahan signifikan.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat setahun lalu, Facebook merilis data statistik tenaga kerjanya. Dari data yang dipublikasikan kala itu, terlihat bahwa karyawan media sosial milik Mark Zuckerberg itu didominasi oleh pria dan kulit putih, sama seperti Yahoo dan Google.

Karyawan pria yang bekerja di Facebook jumlahnya mencapai 69%, perempuan hanya 31%. Dari sisi etnis, 57% karyawan Facebook (khusus di AS) didominasi oleh orang berkulit putih dan warga Asia sebanyak 34%. Sebagian kecil sisanya adalah etnis Hispanic (keturunan Amerika Latin) 4% dan kulit hitam 2%. Demikian rincian laporan di tahun 2014 lalu.

Dan kini, Facebook telah kembali merilis data statistik tenaga kerjanya. Dan hasilnya? Tidak ada perubahan signifikan.

Menurut yang dilansir laman Business Insider, Sabtu (27/6/2015), presentase karyawan pria di Facebook hanya turun 1% dari tahun kemarin, yakni dari 69% menjadi 68%. Sementara untuk karyawan kulit putih, jumlahnya juga hanya menurun sedikit dari 57% menjadi 55%.

Meski begitu, Facebook tampaknya sudah mulai banyak mempekerjakan wanita untuk urusan non teknologi. Tercatat 52% karyawan non teknologi --bidang administrasi, HRD, dan lain-lain-- adalah wanita.

Sedangkan untuk urusan teknis --enginering, research and development-- Facebook masih belum membuka peluang yang cukup bagi pekerja wanita. Posisi ini masih didominasi oleh 84% pria.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.