Sukses

iPhone Bakal Punya Layar Fleksibel?

Apple disinyalir tengah menyiapkan iPhone dengan layar fleksibel (layar melengkung) untuk 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Apple disinyalir tengah menyiapkan iPhone dengan layar fleksibel (layar melengkung) untuk 2018. Bahkan perusahaan disebut telah bekerjasama dengan pemasok layar terkenal untuk membuat layar tersebut.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Apple berencana mengganti layar LED-backlit Multi-Touch yang ada di iPhone sekarang dengan layar organic light-omitting diode (OLED) baru. Namun konsumen harus bersabar sampai 2018. 

"Kemungkinan ini akan menjadi iPhone fleksibel pertama yang diperkenalkan pada 2018, karena pemasok layar top Apple telah mulai bekerja," ungkap sumber yang melaporkan informasi tersebut, seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (26/6/2015).

Untuk menguatkan laporannya, sumber itu menambahkan bahwa LG Display yang memasok banyak layar untuk produk Apple berencana untuk mengalihkan salah satu lini pasokan LCD miliknya ke produksi panel OLED dalam skala besar pada 2017.

Meski tak ada konfirmasi resmi, Apple diketahui memiliki banyak paten berkaitan dengan layar dan perangkat fleksibel selama bertahun-tahun. Salah satunya dari United States Patent and Trademark Office pada Januari, yang memberikan izin kepada Apple untuk memproduksi 'perangkat elektronik fleksibel'.

Apple juga mendapatkan paten serupa untuk layar fleksibel pada Oktober tahun lalu dan yang lainnya pada Februari 2013.

Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu sebelumnya juga pernah diabarkan tengah menyiapkan iPhone dengan layar fleksibel atau melengkung.

Pada November 2013, seorang sumber mengatakan bahwa Apple sedang mengembangkan dua model iPhone dengan layar melengkung. Namun laporan tersebut diperkirakan merujuk pada iPhone 6 dan 6 Plus.

Setelah keduanya diluncurkan pada September 2014, sejumlah konsumen mengeluhkan handset mereka menjadi bengkok setelah diletakkan di dalam kantong. Apple menjelaskan hanya sembilan konsumen yang mengeluhkan hal tersebut dan mengatakan bahwa handset itu seharusnya tidak bengkok jika digunakan secara normal.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.