Sukses

Bingung Ngabuburit Mau Ngapain? Coba 5 Aplikasi Ini

Bingung mau ngapain pada saat ngabuburit? Tidak usah pusing, gunakan smartphone Anda sekarang, unduh kelima aplikasi ini

Liputan6.com, Jakarta - Menunggu waktu berbuka memang terasa begitu lama jika Anda terus-terusan melihat jam. Ada baiknya kali ini Anda memanfaatkan smartphone kesayangan Anda untuk menjadi sebuah wadah khusus untuk mengulur waktu Anda sembari menunggu waktu berbuka.

Ada lima aplikasi dengan keunggulan tersendiri yang wajib Anda coba untuk mengulur waktu menunggu berbuka puasa Anda. Kelima aplikasi ini hadir dengan keunikan masing-masing, dijamin Anda akan lupa waktu ketika mencoba kelebihan dari masing-masing aplikasi lucu ini.

Mulai dari aplikasi dubbing yang menghadirkan segudang koleksi audio lucu, aplikasi selfie yang dijamin tidak akan membuat Anda bergerak melihat ke arah jam, bahkan sampai aplikasi edukatif yang mengusung teknologi augmented reality. 

Tanpa berpanjang lebar, berikut tim Tekno Liputan6.com rangkumkan lima (5) aplikasi yang bisa menemani waktu ngabuburit Anda di bulan Ramadhan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Dubsmash

1. Dubsmash 

Dubsmash dibuat oleh sekelompok developer aplikasi asal Jerman, Jonas Druppel, Roland Grenke and Daniel Taschik pada November tahun lalu. Sampai saat ini, aplikasi ini telah diunduh sampai lebih dari sepuluh juta pengunduh.

Aplikasi yang sedang nge-hits di kalangan anak muda ini menawarkan fitur yang sederhana. Anda tinggal rekam dan mengikuti suara dari audio yang telah tersedia di library Dubsmash.

Sejatinya, Dubmash memang membuat para penggunanya melakukan video selfie hanya dalam waktu beberapa detik, dan di saat yang bersamaan melakukan lipsync mengikuti audio yang tersedia.

Jadi, dengan kata lain, aplikasi ini `memaksa` Anda harus sekreatif mungkin membuat video dub dalam hitungan detik dengan cara yang menghibur dan unik.

Koleksi suara yang disimpan di library pun bervariasi, mulai dari audio lagu, cuplikan dialog film, pembacaan pidato, suara hewan bahkan sampai suara alien sekalipun.

Semua jenis suara sepertinya memang tersimpan di library Dubsmash yang ajaib ini. Anda pun bisa melihat deretan koleksi audio berdasarkan kategori, mulai dari Trending (terbagi ke beberapa sub kategori, seperti kartun, film, lagu, iklan dan masih banyak lagi), Latest – koleksi suara yang baru saja dibuat oleh penggunanya, dan bahkan Soundboard – dimana Anda bisa membuat suara Anda sendiri dan bisa dipakai oleh orang lain sebagai dub.

Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store.

>>> Selanjutnya

3 dari 6 halaman

B612 - Selfie from the heart

2. B612 - Selfie from the heart 

Aplikasi besutan LINE Corporation diperkenalkan pada Agustus lalu dan menghadirkan fitur selfie yang begitu unik dan sangat sempurna. Dijamin, waktu ngabuburitmu akan terasa menjadi sangat cepat ketika menggunakan aplikasi selfie ini.

Meskipun memiliki antarmuka yang begitu sederhana, aplikasi ini justru mengedepankan efek filter yang disajikan. Prosesi selfie Anda akan dimanjakan oleh kemolekan masing-masing efek filter yang hadir di setiap jepretan. Bahkan, untuk menggunakan aplikasi ini pun begitu gampang dan tidak repot.

B612 memang mengusung konsep selfie praktis dan cepat, dimana para penggunanya tak perlu repot meng-edit setelah menjepret foto selfie. Dengan kata lain, Anda dapat langsung memilih filter yang diinginkan bersamaan sebelum Anda menjepret foto selfie.

Aplikasi ini memiliki tiga buah ikon yang diletakkan di bagian bawah, yakni Border, Filter dan Random. Border berisi berbagai template kolase foto. Ketika memilih salah satunya, katakanlah template dua kotak pada rasio 1:1, Anda akan melihat panduan pengambilan gambarnya pada preview foto.

B612 dapat diunduh secara cuma-cuma di App Store dan Google Play Store.

>>> Selanjutnya

4 dari 6 halaman

Audible

3. Audible 

Audible adalah sebuah aplikasi audio book yang memungkinkan Anda menikmati buku bacaan favorit Anda dengan mendengarkannya. Terdapat sekitar 150.000 audio book berupa buku novel, termasuk Koran, majalah dan masih banyak lagi.

Audible memungkinkan Anda menggunakan kepraktisan yang dimiliki aplikasi ini ketika Anda ingin membaca sesuatu. Dengan hadirnya fitur search box, Anda bisa langsung mengetik input judul buku apa yang Anda cari, mulai dari penulis, judul atau keyword.

Jika Anda lebih ingin browsing kategori bukunya ketimbang mengetik di search box, Anda bisa memilih ke tab kategori dan terdapat banyak kategori buku yang hampir semua tersedia, mulai dari fiksi, kesehatan, politik, psikologi, ilmu sosial, komunikasi, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga memiliki fitur best-sellers list yang dapat memberikan rekomendasi audio book terpopuler yang pantas untuk didengarkan.

Audible memiliki antarmuka yang user-friendly, bersih dan tidak terlalu diramaikan oleh iklan. Aplikasi ini juga memiliki navigasi yang begitu mudah dan fungsi search yang begitu efektif dan membantu para penggunanya.

Lebih lanjut, terkait setiap buku yang akan diperdengarkan, Anda akan memiliki customer reviews, dimana Anda dapat menulis review audio book yang sedang dibaca agar dapat dilihat oleh pengguna Audible lainnya apakah audio book tersebut memiliki read value yang tinggi.

Audible dapat diunduh secara gratis di App Store dan Google Play Store.

>>> Selanjutnya

5 dari 6 halaman

Animal 4D+

4. Animal 4D+

Animal 4D+ adalah aplikasi `mainan` augmented reality yang memperlihatkan animasi gambar hewan secara langsung yang tersaji di layar ponsel atau tablet terlihat bergerak dan bersuara. Kala dipandang dari sudut tertentu, hewan tersebut terlihat realistis.

Unsur edukasi yang kental pun ditambahkan dengan menampilkan penjelasan singkat mengenai hewan yang tersaji. Mungkin karena tidak spesifik menyasar pengguna di Indonesia, Animal 4D+ tak menggunakan bahasa Indonesia. Nama-nama hewan disusun berdasarkan alfabet dan memakai bahasa Inggris. Misalnya, ant (semut), bear (beruang), cow (sapi), dan dog (anjing) dan masih banyak hewan lainnya sampai alfavet terakhir. Deskripsi hewan juga ditulis dalam bahasa Inggris.

Animal 4D+

Animal 4D+

Ketika membuka aplikasi ini, Anda akan langsung dihadapkan dengan layar akan memunculkan kotak informasi yang meminta Anda meletakkan kartu menghadap kamera.

Nah, disini Anda harus menggunakan `kartu ajaib` agar bisa membuat hewan bergerak di dalam layar ponsel Anda. Tak perlu bingung. Kartu yang dimaksud adalah flashcard (semacam kartu remi/permainan) yang bergambar hewan. Tekanlah tombol get the card yang tersaji di layar ponsel. Anda juga bisa langsung menuju ke laman resmi Octagon untuk mengunduh kartu itu.

Usai mengunduh kartu tersebut, Anda boleh mencetaknya di selembar kertas, boleh pula sekadar menyimpannya di layar ponsel atau tablet lain yang Anda miliki. Sangat menarik dan menghibur, bukan?

Animal 4D+ dapat di-download secara gratis di App Store dan Google Play Store.

>>> Selanjutnya

6 dari 6 halaman

Headspace

5. Headspace

Bagi Anda yang kerap mengalami stress dan tekanan di aktivitas harian Anda, Anda patut mencoba aplikasi ini. Terlebih, aplikasi ini bisa menjadi `personal trainer` emosi Anda ketika menjalani ibadah puasa.

Headspace menghadirkan fitur meditasi 10-13 menit dan kurang lebih terdapat 70 sesi khusus yang dapat melatih emosi Anda, dimana Anda dapat menikmati sajian animasi yang lucu dan dapat memanjakan mata Anda. Terdapat tiga mode meditasi yang bisa diikuti: SOS, on the go dan Classic.

Dengan memanjakan mata Anda, maka pikiran Anda akan terfokus bersamaan dengan meditasi pikiran yang dapat mengubah pola pikir Anda menjadi positif. Selain itu, rangkaian sesi khusus yang hadir lewat aplikasi ini mampu membangun kembali aura positif dari sistem `nervous` Anda dan dapat menolong Anda merilis aura negatif dan rasa stress yang tertimbun selama ini.

Dengan kekuatan visualisasi dan suara motivasi dari sang Narator, 10 menit Anda akan kembali me-recharge kepenatan yang telah Anda rasakan dan mampu menjadikan Anda pribadi yang lebih baik dan terlepas dari energi negatif.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.