Sukses

Ini Alasan Menkominfo Launching 4G di Makassar

Menkominfo tertarik dengan layanan kesehatan online Makassar yang disebut home care.

Liputan6.com, Makassar - Wali kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, membeberkan alasan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memulai penerapan jaringan 4G di Makassar.

Menurut keterangan Danny --sapaan akrab Walikota Makassar ini, Menteri Rudiantara awalnya berniat merilis jaringan 4G LTE di Makassar  secara resmi tahun depan. Namun, tiba-tiba proses perilisannya dipercepat menjadi tanggal 6 Juli mendatang karena tertarik dengan layanan kesehatan online Makassar yang disebut home care.

"Saya ditelepon langsung oleh Pak Menteri Kominfo. Dia mengatakan stelah menyaksikan sistem layanan home care yang berbasis jaringan internet di Makassar. Ia mengaku tertarik untuk memberikan support, terutama dalam hal ketersediaan jaringan dan itu dimulai dari Makassar," ujar Danny saat menggelar buka puasa bersama di kediamannya di Jalan Amirullah Makassar, Jumat (26/6/2015).

Karenanya, Danny telah meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Naisyah Tun Azikin, untuk menyiapkan berbagai hal terkait penerapan jaringan 4G LTE. Salah satunya adalah mengoperasikan 48 unit mobil pelayanan kesehatan cepat (home care) berlabel Dottorota sebagai unit reaksi cepat untuk menangani warga yang sakit.

Mobil-mobil tersebut juga telah dilengkapi dengan tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat, serta perangkat GPS canggih guna mendeteksi mobilitas kendaraan. Mobil-mobil ini akan melayani situasi darurat warga kota Makassar dan akan berada di seluruh kelurahan dibawah kendali Puskesmas.

Naisah mengatakan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan yang setara, adil dan inklusif bagi seluruh masyarakat Makassar.

Sebagaimana instruksi Walikota, Naisya mengaku sudah siap dan berharap sistem home care bisa berjalan maksimal dengan sokongan jaringan 4G LTE.

(Eka Hakim/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini