Sukses

Kamera Mirrorless Fujifilm X-T10 Resmi Melenggang di Indonesia

`X-T10 dapat digunakan oleh semua orang, dimana cocok untuk fotografer pemula yang membutuhkan kamera andal untuk belajar`

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menunggu penantian yang cukup panjang, akhirnya para pecinta fotografi di Tanah Air bisa mencicipi kamera mirrorless Fujifilm X-T10. Kamera yang bisa dibilang sebagai versi terjangkau dari X-T1 ini resmi diluncurkan di Indonesia pada Sabtu sore (27/6/2015) di Pullman Hotel, Thamrin, Jakarta.

Lalu apa yang membedakan Fujifilm X-T10 dan X-T1? Fotografer Profesional Gathot Subroto, dalam presentasinya mengatakan bahwa X-T10 memiliki bobot yang lebih ringan dari X-T1. Kelebihan lainnya, X-T10 dapat digunakan oleh semua orang, dimana cocok untuk fotografer pemula yang membutuhkan kamera andal untuk belajar.

Meski harganya lebih terjangkau, bodi X-T10 dibungkus material magnesium alloy. Bedanya, X-T10 tidak menggunakan weather sealing sehingga tidak sanggup bertahan di kondisi hujan atau di tempat penuh debu seperti X-T1.

Fujifilm X-T10 (dpreview.com)

Untuk spesifikasi, X-T10 menggunakan sensor X-Trans CMOS 16 megapiksel dan EXR Processor II. Sama seperti X-T1, X-T10 juga mampu merekam gambar secara terus-menerus hingga 8 foto per detik.

Terdapat layar 3 inci yang dapat diputar di bagian belakang dan viewfinder elektronik OLED yang sama dengan X-T1. Viewfinder elektronik masih dipertahankan, meskipun resolusi dan perbesaran sedikit diturunkan.

Fitur lainnya adalah focus peaking, eye-detection AF, shutter elektrik dengan kecepatan hingga 1/32000, Wi-Fi, serta dukungan perekaman video Full HD.

Fujifilm X-T10 (dpreview.com)

Menariknya, tertanam fitur auto macro yang tidak ada di X-T1. X-T10 juga telah mengemas flash internal di atas bodinya, dimana X-T1 harus menggunakan flash eksternal bila pengguna ingin menambah pencahayaan.

Soal harga, Fujifilm X-T10 dibanderol Rp 10.799.000 untuk body only dan Rp 15.999.000 yang dipaket dengan lensa kit Fujinon 18-55mm.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.