Sukses

Game Terbaru Nintendo Hadirkan Pernikahan Sesama Jenis

Fire Emblem Fates, game tactical RPG terbaru besutan Nintendo berani menghadirkan fitur pernikahan sesama jenis.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, khalayak publik dihebohkan dengan diresmikannya putusan Mahkamah Agung Amerika Serikat terkait pernikahan sesama jenis. Kontan kejadian ini langsung menjadi perbincangan hangat netizen di jejaring sosial, bahkan sampai ke ranah industri video game.

Adalah Nintendo, rupanya berani mengambil langkah dengan menghadirkan konten pernikahan sesama jenis di seri game terbarunya yang dirilis untuk platform 3DS, Fire Emblem Fates. Seperti yang diketahui, Fire Emblem merupakan game tactical RPG populer besutan Nintendo di Jepang.

Laman Polygon, Senin (29/6/2015), melansir bahwa seri terbaru Fire Emblem ini akan menghadirkan fitur edisi `aktualisasi gender` yang bisa dipilih pemainnya.

Jika Anda ingin bermain sebagai karakter pria yang ingin menikahi karakter pria lainnya, Anda harus mengambil Conquest Edition of Fates. Namun, jika Anda ingin karakter wanita Anda menikahi karakter wanita lainnya, Anda harus mengambil Birthright Edition.

Pihak Nintendo menjelaskan, terdapat storyline tambahan downloadable yang nantinya Anda bisa memilih kedua edisi pernikahan sesama jenis tersebut secara bersamaan. Pernikahan yang akan terjadi di game ini pun disebut-sebut tidak semudah menjentikkan jari, layaknya game Harvest Moon, Anda harus `merenda` hubungan yang lebih dalam dengan pasangan Anda agar bisa lanjut ke jenjang pernikahan.

"Kami percaya bahwa gameplay dari seri terbaru Fire Emblem ini akan merefleksikan perbedaan dari berbagai macam komunitas yang mana bisa kita tentukan," ungkap juru bicara developer game ini ketika ditanyakan alasan mengapa membuat konten pernikahan sesama jenis di Fire Emblem.

Ini tentunya bukan pertama kalinya konten dan karakter LGBT (Lesbian, Gay, Transgender) hadir di dunia video game.

Sebelumnya, beberapa judul game populer pun rupanya memberanikan diri menghadirkan rentetan adegan yang sarat dengan konten percintaan sesama jenis, sebut saja The Last of Us, yang dimana menghadirkan ambiguitas karakter utamanya, Ellie, ketika mencium teman wanitanya yang bernama Riley.

Selain itu, beberapa konten LGBT lainnya hadir di seri game yang sudah lebih dulu dirilis. Sebut saja Final Fantasy XIV dan The Sims yang juga menghadirkan konten pernikahan sesama jenis. Bahkan, karakter gay terbaru pun diungkap blak-blakan di game fighting Mortal Kombat X.

Bagaimana menurutmu? Apakah munculnya konten LGBT di dunia video game dapat memberikan dampak khusus bagi para gamer?

Baca juga:
9 Game Dengan Karakter Gay & Lesbian
Kung Jin Diungkap Sebagai Karakter Gay di Mortal Kombat X

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini