Sukses

4 Aktivitas yang Bikin Bobol Kuota Internet

Apa sajakah aktivitas di perangkat mobile yang paling "haus" kuota internet?

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebulan, berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan untuk keperluan berlangganan paket data internet?

Tentunya beragam pasti. Namun, tak sedikit dari kita yang akan "mati-matian" menghabiskan banya uang untuk berlangganan data internet. Sebab, di era internet seperti sekarang ini, apalah artinya smartphone dan tablet tanpa kuota internet.

Yang menjadi masalah adalah, terkadang kita tak sadar ketika kuota internet tersedot habis lantaran beberapa aktivitas yang dilakukannya di perangkat mobile.

Apa sajakah aktivitas di perangkat mobile yang paling "haus" kuota internet? Berikut adalah 4 di antaranya yang paling signifikan menyedot kuota internet. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

NEXT

1. Upload Video

Fitur kamera yang ada di perangkat mobile kini sudah semakin canggih dan memungkinkan penggunanya untuk membuat video dengan kualitas yang terbilang bagus. Namun, sebagian orang seringkali meng-upload video rekamannya ke YouTube atau layanan berbagi video lainnya menggunakan jaringan seluler.

Aktivitas ini merupakan kebiasaan yang sebaiknya dihindari, sebab upload video ke internet akan menyedot kuota data dalam jumlah besar. Semisal, satu video berkualitas HD berkapasitas 200 MB, maka tak perlu upload banyak video untuk menghabiskan kuota data bulanan Anda. Sebaiknya pakai koneksi Wifi saja.

3 dari 5 halaman

NEXT

2. Video Chat

Berkomunikasi dengan video chat sepertinya lebih menarik daripada chatting via teks. Namun, aktivitas komunikasi menggunakan fitur video call juga menjadi salah satu penyebab kuota data habis dalam waktu yang lebih singkat.

Gunakan komunikasi video call dalam kondisi tertentu, misalnya sudah lama tidak bertemu pasangan atau keluarga. Tapi jika berkomunikasi dengan teman-teman sehari-hari sebaiknya gunakan teks saja.

4 dari 5 halaman

NEXT

3. Game Online

Layanan online game cukup jadi hiburan bagi sebagian orang untuk membunuh waktu menjemukan sehari-hari. Sayangnya, aplikasi game online cukup kejam dalam menghisap kuota layanan data jika dipakai tanpa kontrol.

Supaya game online tetap bisa digunakan tanpa boros akses layanan data, sebaiknya atur batas maksimal penggunaan layanan data dengan mengelompokkannya dan berikan kuota 1MB sampai 10MB ketika bermain agar Anda tak lupa waktu yang mengakibatkan kebobolan kuota.

5 dari 5 halaman

NEXT

4. Musik dan Video Streaming

Dua layanan multimedia ini juga merupakan 'drakula' penghisap kuota layanan data bagi pengguna perangkat mobile. Memang sih, menggunakan streaming bisa membuat ruang penyimpanan handset lebih luas karena tak perlu menyimpan lagu dan video di dalamnya.

Akan tetapi, kontrol batas penggunaan internet Anda untuk menonton atau mendengarkan lagu secara online. Jangan sampai, 3GB kuota layanan data Anda hilang karena keasyikan menonton video streaming berkualitas HD.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.