Sukses

Akses Informasi Seputar Ramadan Lebih Mudah via Google Now Card

Google Now Card ini diluncurkan pertama kali secara eksklusif di Indonesia bertepatan dengan momen Bulan Suci Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah meluncurkan fitur "Ok Google" dalam bahasa Indonesia, Google kini meluncurkan fitur tambahan baru pada aplikasi Google App. Fitur baru bertajuk "Google Now Card" ini bertujuan untuk mempermudah netizen Tanah Air dalam mengakses berbagai jenis informasi yang relevan dengan kebutuhan pengguna.

Menurut penjelasan Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami, Google Now Card ini diluncurkan pertama kali secara eksklusif di Indonesia bertepatan dengan momen Bulan Suci Ramadan.

"Google mengantisipasi fakta bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan smartphone tertinggi, di mana netizen mengandalkan ponsel untuk menemukan informasi yang membuat rutinitas lebih mudah. Terutama di momen-momen spesial seperti bulan Ramadan," papar Veronica.

Dengan Google Now Card, pengguna tak perlu lagi repot menuliskan kata kunci pencarian di mesin pencari Google Search. Hanya dengan mengakses Google App, di dalamnya sudah disediakan "kartu-kartu" khusus yang langsung menginformasikan berbagai hal terkait bulan Ramadan, termasuk jadwal berbuka/imsak, resep makanan, hingga playlist lagu untuk ngabuburit.

Secara garis besar, Veronica mengutarakan, Google Now Card edisi Ramadan ini menyajikan informasi dari 3 kategori utama, yakni "rencana", "makanan" dan "hiburan".

Product Engineer Google Joseph Kurachi Luk, Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami dan Communications Head (Consumer & YouTube) Google Indonesia Putri Silalahi menunjukkan aplikasi Google App "Kartu Now" di Hotel Shangri La, Jakarta,.

Dalam ketiga kategori tersebut, Google Now Card akan menyajkan konten-konten yang berasal dari sejumlah partner lokal Google seperti Kokiku TV untuk kateori "makanan", Go-Jek untuk kategori "rencana", serta band Lyla dan Noura untuk kategori "hiburan".

"Tujuan kami di Google sangat sederhana, yaitu menciptakan produk yang membisa membantu pengguna mengatasi hal-hal 'kecil', sehingga pengguna bisa fokus terhadap hal-hal yang lebih 'besar'," lanjut Veronica di acara peluncuran Google Now Card edisi Ramadan, Senin (29/6/2015), di Jakarta.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini