Sukses

Samsung Rancang Baterai Berkapasitas Super Besar

Dalam pembuatan baterai terbaru ini Samsung akan menggunakan lapisan graphene yang ditaruh di atas permukaan silikon

Liputan6.com, Jakarta - Sementara LG tengah membuat baterai jenis baru untuk smartwatch, Samsung dikabarkan sedang mengembangkan baterai generasi baru untuk perangkat mobile.

Mengutip laman Ubergizmo, Kamis (2/7/2015), dalam hal ini Samsung akan meningkatkan daya tahan baterai hingga dua kali lipat dari jumlah kapasitas yang tertanam pada baterai saat ini.

"Dengan kapasitas baterai dua kali lipat, kebanyakan ponsel mampu menampung baterai berkapasitas lebih dari 6.000 mAh untuk memberikan daya secara intensif bagi pengguna dalam sehari - bahkan ketika baterai mulai drop," ujar Samsung.

Dalam pembuatan baterai terbaru ini Samsung akan menggunakan lapisan graphene yang ditaruh di atas permukaan silikon untuk membuat ruang guna meningkatkan volume silikon melalui sliding process antara lapisan graphene yang berdekatan.

Saat disandingkan dengan lithium cobalt oxide cathode, lapisan graphene silikon yang bebas karbida memungkinkan baterai memperoleh kepadatan volumetrik energi 972 dan 700 WHL-1 serta 200 siklus pemakaian.

Alhasil, kapasitas baterai ini menjadi 1,8 dan 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan baterai lithium-ion komersial yang ada di pasaran saat ini.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.