Sukses

Lenovo Masih Kuasai Pasar PC Dunia

Lenovo masih menguasai pasar PC dengan total pangsa pasar 19,5 persen di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Produsen perangkat elektronik Lenovo mengumumkan kinerja perusahaannya untuk tahun fiskal 2014/2015. Pendapatan Lenovo naik 20 persen dari tahun sebelumnya sebesar US$ 46,3 miliar atau sekitar Rp 618 triliun. Laba kotor Lenovo pun meningkat 32 persen dari tahun ke tahun yakni sebesar US$ 6,7 miliar atau sekitar Rp 89 triliun.

Prestasi Lenovo tersebut mengukuhkan posisi puncak Lenovo untuk pasar PC dengan total pangsa pasar 19,5 persen di seluruh dunia. Disusul oleh lini Server x86 dengan pangsa pasar 7,9 persen, dan lini smartphone dengan pangsa pasar 5,1 persen.

Sementara, di Indonesia sendiri Lenovo menduduki peringkat dua di pasar PC dengan pangsa pasar 19,8 persen. Demikian data yang diungkap Lenovo dalam presentasinya di Hotel Shangrilla, Jakarta Selasa (30/6/2015) sore.

Selain itu, Lenovo juga tercatat sebagai brand dengan pertumbuhan tercepat untuk kategori PC. Untuk kategori EBG/server, Lenovo mampu meraih pangsa pasar tertinggi sebesar 23,2 persen di sepanjang kuartal ketiga tahun fiskal 2014.

Tak hanya menguasai pasar PC tanah air, Lenovo rupanya juga tak lupa menggempur pasar smartphone dan tablet Indonesia dengan pangsa pasar masing-masing 5,1 persen dan 7,7 persen. Hal ini menjadikan Lenovo sebagai salah satu perusahaan dengan pertumbuhan paling cepat untuk kategori Smart Connected Device (PC, Tablet dan Smartphone) dengan pangsa pasar 6,6 persen.

Untuk memperkuat langkah Lenovo di pasar PC, perusahaan berkomitmen untuk tetap konsisten menggunakan seri Yoga di setiap rangkaian produk yang hadir. Baik itu PC, tablet maupun desktop.

Bahkan, Lenovo juga telah menyelesaikan akuisisi dan integrasi bisnis server IBM x86, dimana Lenovo dapat menawarkan solusi teknologi yang lebih lengkap dan terintegrasi kepada konsumen.

Ekspansi bisnis hardware Lenovo melalui IBM x86 juga akan meningkatkan skala manfaat, efisiensi, dan bisnis inti PC yang kuat untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan pertumbuhan yang menguntungkan.

"Kami melayani ragam jenis konsumen baru dan pada saat yang sama, banyak dari konsumen yang berinteraksi dengan merek dalam cara yang baru. Semua ini mengarah ke cara yang lebih cepat, responsif dan lebih interaktif secara sosial," ujar Rajesh Thadani, Executive Director dan General Manager Lenovo Indonesia Region.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini