Sukses

4 Tips Dasar Main Clash of Clans Khusus Bagi Pemula

Baru pertama kali main COC? Simak empat tips dasar khusus bagi pemula berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Clash of Clans. Siapa sih yang tidak tahu game strategi populer yang sudah menjamur ke semua kalangan ini?

Ya, mulai dari anak kecil bahkan sampai orang tua pun menikmati game ini. Game yang sering disebut COC ini merupakan game strategi yang bercerita tentang pertarungan antar Clan (kelompok) di era Barbarian.

Di game ini, Anda harus berperan sebagai pemimpin Clan dimana Anda nantinya harus membangun desa dan membuat pasukan, serta mengatur strategi untuk menyerang desa lain.

Sejatinya, COC justru dinilai sulit bagi para gamer pemula yang tidak terbiasa memainkan game strategi. Nah, kali ini tim Tekno Liputan6.com berkesempatan akan mengajak Anda yang tergolong baru saja memainkan COC di perangkat smartphone Anda melihat 4 (empat) tips dasar bermain COC khusus bagi pemula. Apa saja sih yang harus dilakukan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaatkan Gems

1. Manfaatkan Gems untuk membeli builder

COC tergolong ke game “casual free-to-play", dan jangan heran bahwa disini Anda akan menggunakan mata uang premium. Mata uang premium yang ada di COC ini adalah “Gems”.

Gems bisa didapatkan secara gratis ketika Anda menuntaskan setiap misi yang hadir, namun, nyatanya sangat sulit didapatkan. Di awal permainan, Anda secara otomatis akan diberi dua builder secara gratis. Akan tetapi, untuk mendapatkan builder ketiga justru terbilang sulit, setidaknya Anda harus butuh 500 Gems untuk mendapatkannya.

4 Tips Dasar Bermain Clash of Clans Khusus Bagi Pemula

Jadi, kami sarankan Anda jangan gunakan Gems yang sudah didapatkan untuk mempersingkat waktu pembuatan bangunan Anda. Gunakan Gems yang dimiliki untuk membeli builder atau pekerja. Karena dengan banyak pekerja, secara otomatis Anda pasti bisa membuat bangunan lebih banyak.

3 dari 5 halaman

Mekanisme penyerangan

2. Mekanisme penyerangan

Nah, jika Anda sudah memiliki banyak pasukan, pastikan bahwa jangan ragu-ragu untuk menyerang desa lain.

Ketika Anda menyerang desa lawan, maka Anda pasti akan banyak mendapatkan Gold atau Elixir dari Gold Mine atau Elixir Collector yang bisa digunakan untuk membangun desamu. Jangan lupa pula untuk meng-upgrade Gold Mine dan Collector yang Anda miliki agar Gold dan Elixir yang didapatkan bisa tertampung semuanya.

Anda harus ingat bahwa mekanisme menyerang adalah unsur yang penting di Clash of Clans. Maka, pastikan Elixir yang Anda dapatkan selalu dihabiskan untuk melakukan research di Laboratory.

4 Tips Dasar Bermain Clash of Clans Khusus Bagi Pemula

Dengan melakukan research, maka Anda akan membuat pasukan-pasukan handal yang akan mempermudah untuk menghantam markas musuh dan mencuri resource mereka.

Kalau storage Anda sudah penuh maka Anda akan lebih mudah meng-upgrade ini dan itu sesuai keinginanmu.

4 dari 5 halaman

Tuntaskan achievements

3. Tuntaskan achievements

Achievements yang ada di Clash of Clans sendiri bermacam-macam, mulai dari meng-upgrade Gold Storage, mendapatkan 50 bintang, mencuri Gold atau Elixir dan lain-lain.

Dengan menuntaskan achievements tersebut, Anda secara otomatis akan menerima Gems yang bisa digunakan untuk menambah builder.

5 dari 5 halaman

Jangan takut gabung dengan Clans lain

4. Jangan takut untuk bergabung dengan Clans lain

Cobalah gunakan kesempatan untuk bergabung dengan Clan lain, Anda akan mendapatkan lebih banyak informasi tentang cara membuatmu lebih kuat.

Berbagi troop dan mendapatkan troop adalah cara agar Anda bisa tumbuh lebih cepat dalam game ini. Jika teman-teman yang ada di Clan-mu membagikan troop yang kuat, maka Anda akan bisa bertahan saat desamu diserang.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.