Sukses

Karir.com Luncurkan Program MT Academy Untuk Generasi Z

Program ini termasuk ke dalam program reguler Karir.com yang akan menjaring talenta terbaik lulusan universitas terkemuka di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak bisa dipungkiri, dalam beberapa tahun lagi dunia pekerjaan akan dipenuhi oleh para pekerja yang berasal dari generasi Z.

Generasi Z adalah sebutan bagi generasi muda yang lahir setelah tahun 1995, atau juga disebut sebagai generasi milenial -- sebuah generasi yang tumbuh di tengah transisi perkembangan teknologi.

Hal ini tentunya membuat semua perusahaan harus menjadi sustainable dan mempersiapkan kapasitas yang memadai bagi generasi muda tersebut. Oleh karena itu, portal karir pertama di Indonesia, Karir.com, meluncurkan sebuah program Management Trainee (MT) khusus bagi para generasi muda tersebut.

Lewat program MT Academy ini, generasi Z nantinya akan difokuskan ke kemampuan development, communication, business motivation, analytical dan entrepreneural skill.

Program ini termasuk ke dalam program reguler Karir.com yang akan menjaring talenta terbaik lulusan universitas terkemuka di Indonesia.

PAda tahun pertama, MT Academy akan memfokuskan diri ke sekolah bisnis untuk menjaring talenta terbaik di bidang sales, marketing dan finance. Sedangkan di tahun kedua, akan direkrut kandidat dari sekolah bidang teknik dan psikologi.

CEO Karir.com, Dino Martin, menjelaskan bahwa generasi Z memiliki karakteristik yang unik. Generasi Z merupakan penerus generasi Y (generasi yang lahir mulai dari tahun 1981 sampai 1995) yang keduanya terbilang 'akrab' dengan internet.

Namun, generasi Z memiliki kesadaran privasi yang lebih tinggi. Generasi muda ini merupakan generasi yang lebih matang, aktif bekerja di lingkungan sosial, peduli terhadap lingkungan, dan lebih ingin menciptakan ketimbang berbagi.

Dengan perubahan karakteristik dari generasi ke generasi, tentunya hal tersebut mendorong peran departemen HR (Human Resource) untuk berubah pula.

"Dari perannya yang hanya sebahai Personnel Department yang menangani gaji dan benefit, kini berubah menjadi Strategic HR dan Talent Management," jelas Dino pada saat acara buka puasa bersama Karir.com di Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Kini, kurang lebih sekitar 1,3 juta qualified resume di dalam database Karir.com memiliki 10.000 kandidat generasi Z. Untuk mempersiapkan diri menjawab tantangan gelombang karakteristik generasi z, Karir.com pun memutuskan untuk memperkenalkan program MT Academy.

"Program ini merupakan metode yang paling efisien bagi perusahaan dalam menghemat waktu, daya dan biaya, karena perusahaan dapat meringkas proses rekruitmen, seperti seleksi dari kampus ke kampus untuj merekrut generasi Z terbaik," kata Rosy Mentang, Business Development Director Karir.com.

"Program MT Academy sejalan dengan komitmen Karir.com sebagai portal pilihan terbaik yang ingin menghubungkan talenta dengan opportunity yang mampu membero solusi total untuk keperluan rekruitmen dan sumber daya manusia bagi perusahaan," tambah Rosy.

Program MT Academy ini akan dilaksanakan 2 kali dalam setahun dengan jumlah total 200 kandidat. Kandidat yang mengikuti program ini harus mengikuti berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Dengan adanya program ini, Karir.com terus berusaha menjadi penyedia solusi total untuk rekrutmen bagi seluruh perusahaan di Indonesia.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.