Sukses

Top 5: Remaja Tanamkan Chip di Tangannya Sedot Perhatian

Berikut rangkuman Top 5 berita terpopuler yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Berikut rangkuman Top 5 berita terpopuler yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin, Jumat (3/7/2015).

1. Remaja Ini Nekat Tanamkan Chip di Tangannya Demi Smartphone

Seorang remaja berusia 15 tahun nekat menyematkan micro chip di tangannya demi memudahkannya memakai smartphone. Adalah Bryon Wake yang rupanya berani melakukan hal ekstrim dengan menanamkan sebuah micro chip di tangannya untuk bisa memudahkannya membuka dan melakukan navigasi smartphone, dan juga memutar musik hanya dengan melambaikan tangannya.

Wake nekat melakukan cara ekstrimnya sendiri dengan menggunakan alat jarum suntik untuk menanamkan sebuah trasponder yang nantinya dapat dibaca oleh perangkat berbasis Android.

2. Canggih, Layar Smartphone yang Pecah Bisa Mulus Sendiri

Seorang fisikawan asal Prancis, Ludwik Leibler, yang meraih penghargaan European Patent Office's 2015 Inventor Award menemukan polimer jenis baru bernama vitrimers. Jenis material kaca ini memiliki sifat yang dapat `menyembuhkan` diri sendiri. Saat kaca ini pecah, ia dapat mulus dengan sendirinya. Tak menutup kemungkinan ke depannya vitrimers akan digunakan di layar smartphone.

Leibler menemukan teknologi ini ketika ia menggabungkan dua bahan yang berbeda menjadi satu `supramolekul` substansi, dengan ikatan molekul yang tidak kaku dan tidak permanen, tetapi memiliki keseimbangan yang dinamis.

3. Xiaomi Mi5 Meluncur November?

Rumor hadirnya seri smartphone premium Xiaomi, Xiaomi Mi5, memang sudah berhembus dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan, sempat terungkap beberapa foto yang memperlihatkan seri Mi5 ini dengan tampilan desain tanpa bezel. Seri Mi5 pun dikabarkan akan hadir dalam dua seri, yakni Mi5 dan Mi5 Plus.

Selain desain, rumor lain juga mengabarkan bahwa Xiaomi Mi5 dan Mi5 Plus akan memiliki layar sapphire dan hadir dengan spesifikasi hardware yang terbilang `gahar`. generasi kelima dari seri Mi tersebut akan diluncurkan pada November ini.

4. Facebook Punya Logo Baru

Facebook membuat perubahan kecil pada logonya. Jejaring sosial itu mengubah logonya untuk pertama kali sejak 2005. Sekilas, mungkin tidak ada yang menyadari perubahan ini karena Facebook tidak membuat perubahan besar. Teks pada logo baru terlihat lebih ramping, sedangkan versi lama lebih tebal.

Perubahan yang paling kentara terletak pada perubahan bentuk huruf 'a'. Creative Director Facebook, Josh Higgins, mengatakan bahwa perubahan tersebut bertujuan membuat logo Facebook terlihat lebih modern dan lebih ramah.

5. NASA Kembangkan Drone Untuk Planet Mars

Upaya The National Aeronautics and Space Administration (NASA) untuk mengungkap misteri kehidupan di planet Mars terus berlanjut. NASA saat ini sedang mengembangkan sebuah prototipe Drone yang nantinya akan diluncurkan untuk terbang di Mars. Drone tersebut diberi nama Prandtl-m, sebuah singkatan dari nama `Preliminary Research Aerodynamic Design to Land on Mars`.

Sesuai namanya, fungsi Drone ini nantinya akan menelusuri sisi planet Mars untuk mengungkap apakah benar planet tersebut memiliki jejak kehidupan di masa lalu, dan apakah layak bahwa Mars mampu ditempati manusia di masa mendatang. Prandtl-m memiliki desain bodi berbentuk bumerang tanpa baling-baling dan memiliki logo NASA di sisi atasnya. Cukup futuristik, minimalis dan unik untuk tampilan sebuah Drone.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.