Sukses

Makassar Kota Pertama yang Cicipi 4G LTE 1800 MHz‎ Telkomsel

Telkomsel memilih kota Makassar sebagai wilayah pertama untuk kawasan timur Indonesia yang mencicipi layanan 4G LTE frekuensi 1800 MHz.

Liputan6.com, Makassar - Pemerintah akhirnya mengkomersialisasikan layanan telekomunikasi berbasis 4G LTE (Long Term Evolution) di frekuensi 1800 Mhz di Indonesia. Sejumlah operator telekomunikasi, termasuk Telkomsel, hari ini secara serentak menggelar layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz tersebut.

Telkomsel memilih kota Makassar sebagai wilayah pertama untuk kawasan timur Indonesia yang berhak mencicipi layanan 4G LTE frekuensi 1800 MHz milik mereka.

CEO Telkomsel, Ririek Adriansyah, mengatakan Makassar dipilih sebagai kota pertama yang dapat 4G LTE 1800 MHz, salah satunya karena pertimbangan bisnis.

‎"Makassar kota yang cukup besar, network kita di sini juga sudah siap. Selain itu agregrator Indonesia Timur ya di sini," kata Ririek di sesi bincang santai di gedung Baruga Telkomsel‎, Makassar, Senin (6/7/2015).

Setelah Makassar, selanjutnya jaringan 4G LTE 1800 MHz milik Telkomsel akan menyambangi kota Manado. Untuk wilayah Jabodetabek, lanjut Ririek, diperkirakan akan kebagian pada bulan November mendatang. Namun Ririek belum bisa memastikan kota mana lagi yang akan kebagian 4G LTE 1800 MHz Telkomsel dalam waktu dekat ini.

"Kota selanjutnya sedang kita kaji, targetnya secepatnya," ujar Ririek.

Selain network, Telkomsel juga terus berupaya mengembangkan ekosistem 4G. Dari sisi aplikasi, Telkomsel telah melakukan pengujian dan pengembangan sejumlah aplikasi inovatif berbasis layanan 4G LTE.

Secara keseluruhan, lebar pita di frekuensi 1800 MHz adalah 75 MHz. Telkomsel sendiri memiliki total 22,5 MHz dengan 3 blok frekuensi yang terpisah.

Sedangkan XL memiliki 22,5 MHz dalam 2 blok terpisah, Indosat memiliki total 20 MHz dengan 2 blok frekuensi yang terpisah, dan Tri memiliki total 10 MHz yang sudah bergabung.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini