Sukses

iPad Populer di Kalangan Balita

Jika para orangtua mungkin perlu berusaha keras menggunakan teknologi baru, tampaknya hal itu tidak terlalu berlaku bagi anak balita.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin para orangtua perlu usaha keras ketika menggunakan teknologi baru, tampaknya hal itu tidak terlalu berlaku bagi anak berumur di bawah lima tahun (balita). Anak balita ternyata lebih cepat beradaptasi dengan teknologi.

Hal tersebut terbukti dalam hasil riset Universtiy of Lowa. Para peneliti melakukan riset dengan mempelajari lebih dari 200 video YouTube dari anak-anak yang menggunakan iPad.

Para peneliti menganalisa ratusan video bayi yang mencoba, kemudian dengan cepat menguasai teknologi. Mereka menemukan bahwa anak balita bisa menggunakan iPad ketika berumur satu tahun, dan 90 persen balita berumur dua tahun dinilai cukup pandai menggunakan gadget.

"Pada usia 2 tahun, 90 persen anak-anak di video memiliki "kemampuan moderat" untuk menggunakan tablet. Kemampuan serupa pada anak-anak berumur 12-17 bulan lebih dari 50 persen," ungkap Associate Professor Ilmu Komputer di UI College of Liberal Arts and Sciences, yang menjadi penulis studi tersebut, Juan Pablo Hourcade.

Tujuan dari riset ini adalah untuk memberitahu tentang bagaimana anak-anak menggunakan tablet melalui sebuah analisis video yang relevan di YouTube.

Adapun "kemampuan moderat" dalam riset ini yaitu membutuhkan bantuan dari orang dewasa untuk mengakses aplikasi, kemudian bisa menggunakannya dengan interaksi dasar.

Hourcade dan timnya melakukan penelitian tanpa harus meminta balita menggunakan tablet, yang memang dilarang oleh dokter anak.

"Di sisi lain, kami tahu bahwa bayi dan balita menggunakan iPad dan perangkat lainnya karena kami melihat video yang direkam orangtua mereka, kemudian survei membuktikan hal tersebut," jelasnya seperti dilansir Daily Mail, Rabu (8/7/2015).

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini