Sukses

Layanan 4G LTE Telkomsel Makin Ngebut di Makassar

Telkomsel sudah membangun 150 BTS 4G untuk melayani warga Makassar, yang mencakup lokasi-lokasi strategis.

Liputan6.com, Makassar - Lima operator seluler di Indonesia sudah mendapatkan restu untuk menggelar layanan 4G LTE tahap kedua di frekuensi 1800 Mhz mulai hari ini, Selasa, 6 Juli 2015. 

Tak mau buang kesempatan, Telkomsel langsung meluncurkan layanan 4G 1800 Mhz miliknya pada hari yang sama, sekaligus menjadikan Telkomsel sebagai operator pertama yang menggelar 4G LTE di 1800 Mhz. Hadir dalam acara peresmian, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemkominfo, Kalamullah Ramli, dan Walilkota Makassar Ramdhan Pomanto. 

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan Makassar merupakan kota keenam yang kebagian layanan 4G LTE Telkomsel setelah Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya dan Medan. Namun, Makassar adalah kota pertama yang mendapatkan 4G LTE di frekuensi 1800 Mhz, lima kota lainnya masih berjalan di atas frekuensi 900 Mhz.

"Pemilihan Makassar sebagai kota pertama digelarnya 4G LTE di frekuensi 1800 MHz secara komersial, merupakan bentuk komitmen kami dalam membangun Indonesia Timur melalui teknologi terkini. Hadirnya layanan ini diharapkan dapat menambah kenyamanan pelanggan di Makassar, dalam menikmati mobile broadband dan berbagai layanan digital lifestyle," kata Ririek.

Telkomsel mengklaim jaringan 4G di Makassar memiliki kecepatan rata-rata 72 Mbps. Telkomsel sudah membangun 150 BTS 4G untuk melayani pelanggan di Makassar, yang mencakup lokasi-lokasi strategis termasuk Bandara, Universitas, Mall, Pantai Losari, dan Pusat keramaian lainnya.

"Ini merupakan BTS 4G 1800 Mhz pertama yang dioperasikan," ungkap Ririek di acara peluncuran 4G LTE 1800 Mhz di Trans Studio Mall, Makassar.

Ririek menambahkan sampai saat ini Telkomsel sudah membangun lebih dari 1.000 BTS 4G yang tersebar di Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Medan, serta Makassar. Jumlah pelanggan 4G Telkomsel sendiri saat ini mencapai lebih dari 700 ribu.

Setelah Makassar, Telkomsel akan bersiap-siap untuk meluncurkan 4G di kota lain yaitu Manado. "Kemungkinan setelah Lebaran namun sebelum Natal akhir tahun," ungkapnya.

Ririek berharap dengan diluncurkannya layanan 4G, industri kreatif bisa terus berkembang, karena kesuksesan 4G bukan hanya dari kesiapan jaringan (network) saja, tapi juga ketersediaan perangkat dan aplikasinya sehingga ekosistemnya semakin siap.

Layanan 4G LTE dipercaya akan memberikan pelanggan kepuasan dalam menikmati berbagai aktivitas online, seperti mengakses video streaming dan musik dengan kualitas yang lebih baik dan waktu loading lebih cepat.

Selain itu, pelanggan juga dapat menikmati game online tanpa delay dengan kualitas gambar High Definition (HD) dan download atau upload file menjadi lebih cepat.

Telkomsel 4G LTE Carnival

Untuk memperkenalkan layanan 4G LTE di Makassar, Telkomsel menggelar roadshow Telkomsel 4G LTE Carnival pada 3-6 Juli 2015 di Trans Studio Mall Square. Di sini pelanggan dapat melihat dan mencoba langsung pengalaman digital lifestyle dari berbagai aplikasi, seperti Moovigo, Magisto, LangitMusik, Syariah World, M2M, Mobil News Gathering, Indonesia In Your Hand, dan berbagai Games. 

Saat ini pelanggan di Makassar sudah dapat menukarkan simcard mereka dengan uSIM, ataupun mendapatkan kartu perdana 4G simPATI dan kartuHALO di pusat-pusat layanan pelanggan Telkomsel (GraPARI) yang terletak di Grapari Makassar, Grapari Mitra Losari, Grapari Mitra Usman Jafar, Grapari Mitra Perintis, Grapari Mitra Panakukkang Square, Grapari Mitra Mattoangin, Grapari Mitra Gowa, Grapari Mitra Maros.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini