Sukses

Duel Robot Amerika vs Jepang, Siapa Paling Unggul?

Duel robot ini akan diadakan oleh kedua perusahaan pembuat robot terbesar asal Amerika Serikat dan Jepang

Liputan6.com, Jakarta - Siapa bilang duel robot hanya terjadi di film-film? Duel robot rupanya benar terjadi di dunia nyata. Bahkan, duel ini datang dari kedua perusahaan pembuat robot besar asal Jepang dan Amerika yang benar-benar akan mengadu kedua robot buatannya untuk membuktikan robot -- atau negara mana yang paling unggul. 

Adalah perusahaan pembuat robot raksasa asal Amerika Serikat -- MegaBots Inc, yang rupanya menantang perusahaan robot asal Jepang -- Suidobashi Heavy Industries untuk menguji performa robotnya dengan mengadakan duel.

Masing-masing robot muncul dengan spesifikasi dan keunggulan yang sudah ditentukan, baik untuk robot Kuratas buatan Suidobashi dan robot Megabot Mark 2 buatan MegaBots Inc. 

Di sebuah video yang ditampilkan oleh MegaBots, Matt Oehriein, salah satu pendiri MegaBots menantang Jepang dengan menggunakan mantel bendera Amerika. 

"Suidobashi, kita sama-sama memiliki robot raksasa. Anda tahu apa yang harus dilakukan, kami menantang kalian untuk berduel," kata Matt dengan gaya cool-nya layaknya di film-film duel robot.

Dari video tersebut, Megabot Mark 2 memiliki bobot 5,4 ton. Robot raksasa berwarna hijau dan kuning tersebut dikendalikan oleh dua orang pilot. Bahkan, ia dapat menembakkan paintball seukuran bola meriam seberat 1,3 kg dengan kecepatan 160 km/jam.

Sementara itu, Kuratas memiliki bobot lebih ringan, yaitu 4,5 ton. Ia memiliki 2 gatling gun sebagai senjata dan memiliki sistem penargetan canggih serta dilengkapi dengan HUD.

Sebagaimana dilansir laman Mirror, Oehrlein berkata bahwa baik timnya dan tim Suidobashi harus melakukan sedikit perubahan pada masing-masing robotnya jika mereka nantinya memang akan benar berduel.

Ia juga mengatakan bahwa Suidobashi memiliki waktu 1 tahun untuk menentukan di mana kedua robot raksasa mereka akan berduel. Hal ini pun langsung direspon oleh Suidobashi bahwa mereka menerima tantangan MegaBot dengan meluncurkan robot Kuratas-nya untuk berduel.

Berikut video tantangan yang dibuat oleh MegaBots Inc.

Dan ini video respon yang telah dibuat oleh Suidobashi.

Kira-kira, jika memang nantinya kedua robot ini berduel, siapa yang akan menang dan paling unggul?

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini