Sukses

Tantang Dropbox, Amazon Rambah Bisnis Layanan Cloud

Amazon turut meramaikan pasar penyimpanan cloud dengan meluncurkan aplikasi Amazon Cloud Drive.

Liputan6.com, Jakarta - Amazon turut meramaikan pasar layanan penyimpanan berbasis cloud dengan meluncurkan aplikasi Amazon Cloud Drive. Sama seperti layanan serupa, dengan aplikasi ini para pengguna bisa mengakses berbagai dokumen yang ada di dalamnya kapanpun dan di manapun bila terkoneksi dengan internet. 

Menurut yang dilansir Mashable, Jumat (10/7/2015), kini aplikasi Amazon Cloud Drive sudah tersedia untuk perangkat iOS, Android dan Kindle. Para pengguna bisa melihat semua dokumen yang disimpan di akun Amazon Cloud mereka, kemudian dapat mengaksesnya dimana saja hanya dengan melakukan login.

Konsep Amazon Cloud ini serupa dengan layanan lain seperti Dropbox dan Google Drive. Dari segi fitur, menurut laporan Mashable tidak ada yang benar-benar istimewa.

Namun Amazon memiliki satu keunggulan dari sisi biaya. Pengguna bisa membeli penyimpanan dokumen unlimited seharga US$ 60, sedangkan untuk penyimpanan foto hanya dikenakan biaya sebesar US$ 12 per tahun.

Jika pengguna membeli keduanya sekaligus, maka biayanya akan semakin murah menjadi US$ 6 per bulan. Sebagai perbandingan, Dropbox dan Apple menerapkan biaya, masing-masing US$ 10 per bulan untuk penyimpanan sebesar 1 TB (Terabyte).

(din/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.