Sukses

4G LTE Smartfren Bisa Dinikmati di Seluruh Kota Besar Indonesia

Smartfren tengah mempersiapkan layanan 4G LTE di 22 kota besar di Indonesia pada semester kedua tahun 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang diketahui, Smartfren baru saja memperkenalkan layanan 4G LTE pertamanya di Pulau Batam. Prosesi ini diklaim akan dilanjutkan dengan beberapa kota lainnya dalam waktu dekat ini.

Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project PT Smartfren Telecom Tbk, mengatakan bahwa pihaknya akan mempersiapkan hadirnya layanan 4G LTE di 22 kota besar di Indonesia pada semester kedua tahun 2015.

"Kami sedang mempersiapkan untuk peluncurannya pada semester kedua tahun ini. Namun, pelanggan di seluruh kota besar di Indonesia sudah bisa menikmati layanan 4G LTE Smartfren," ujar Munir kepada tim Tekno Liputan6.com di Pullman Hotel Jakarta.

Pun demikian, lanjutnya, layanan 4G LTE itu masih trial. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui pengalaman pengguna selama menggunakan layanan internet super cepat ini.

"Peluncuran layanan 4G LTE akan kami resmikan kalau koneksinya sudah stabil. Setidaknya kalau coverage-nya sudah mencapai 80 persen. Kami tidak mau setengah-setengah, koneksi harus stabil dulu," tambahnya.

Sebagai informasi, Smartfren telah mengantongi izin Sertifikat Kelayakan Operasi (SKLO) layanan 4G LTE dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Perusahaan telah meluncurkan layanan 4G LTE pertamanya di Kota Batam pada 6 Juli 2015, bersamaan dengan komersialisasi 4G LTE spektrum 1.800 MHz yang digelar 4 operator lainnya yaitu Telkomsel, XL, Tri, dan Indosat.

Smartfren sebagai satu-satunya operator seluler berbasis CDMA akan mengandalkan jaringan 4G LTE di frekuensi 850 MHz dan 2300 MHz. Layanan 4G LTE secara serentak dilakukan di lima kota besar Indonesia yaitu Makassar, Balikpapan, Lombok, Banjarmasin, dan Batam.

Munir memaparkan, spektrum frekuensi 850 MHz yang mengadopsi teknologi standar pengantaran data FDD (Frequency Division Duplex) memiliki kecepatan downlink 2 Mbps - 20 Mbps, sementara spektrum 2.300 MHz berbasis TDD (Time Division Duplex) mempunyai kecepatan downlink 2 Mbps - 100 Mbps.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.