Sukses

Domain `Star Wars` Jadi Rebutan

Perseteruan kedua belah pihak dipicu oleh penggunaan domain starwars.co.uk oleh Absciss.

Liputan6.com, Jakarta - Walt Disney terlibat perseteruan dengan Joker's Masquerade selaku pemilik Absciss , toko ritel pakaian action figure Star Wars yang berlokasi di Berkshire, Inggris.

Perseteruan kedua belah pihak dipicu oleh penggunaan domain starwars.co.uk oleh Absciss. Padahal, Walt Disney merasa mengantongi izin kepemilikan domain `Star Wars` dari Nominet sebagai otoritas resmi pengelola nama domain di Inggris.

"Nama Star Wars tidak pantas dimiliki oleh siapapun selain penuntut (Walt Disney)," tulis pernyataan resmi Nominet seperti dikutip dari laman BBC, MInggu (12/7/2015).

Pihak Absciss sendiri sangat menyayangkan hal ini mesti terjadi. Sebab, menurut CEO Absciss Mark Lewis, nama domain starwars.co.uk telah digunakan pihaknya selama puluhan tahun.

Untuk mempertahankan nama domainnya, Absciss diberi kesempatan mengajukan banding hingga 21 Juli 2015. Jika tidak, maka nama domain yang mengandung "Star Wars" akan secara sah menjadi milik Lucasfilm, rumah produksi film Star Wars yang merupakan bagian dari Walt Disney.

Selain Absciss, Nominet mencatat ada 6 situs lainnya yang juga menggunakan nama domain Star Wars di Inggris, yaitu starwars.uk, star-wars.uk, star-wars.co.uk, starwarsco.uk, starwarsco.co.uk, dan star-warsco.co.uk.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini