Sukses

Nuklir dan Laser Bakal jadi Energi Alternatif Pesawat Terbang

Boeing berencana menggunakan nuklir dan laser sebagai energi alternatif pada mesin pesawat agar lebih ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan penyedia pesawat terbang asal Amerika Serikat, Boeing, berencana akan menggunakan nuklir dan laser sebagai energi alternatif pada mesin pesawat agar lebih ramah lingkungan.

Berkaitan dengan hal itu, Badan Merek dan Paten Amerika Serikat telah menyetujui paten yang diajukan Boeing tersebut. Paten itu memperlihatkan gambar mesin jet Boeing yang ditenagai ledakan nuklir dan laser.

Sebagai informasi, Boeing saat ini masih mengandalkan mesin turbofan yang pada dasarnya menggunakan beberapa fans dan turbin untuk mengompres udara dan membakar bahan bakar. Boeing telah lama berencana akan menggunakan laser bertenaga tinggi untuk menguapkan bahan nuklir sebagai pendorong.

Secara teori, pergerakan ini akan menimbulkan reaksi fusi nuklir dan ledakan kecil yang mengeluarkan energi neutron tinggi untuk mendorong pesawat. Demikian seperti dikutip dari laman Ubergizmo, Kamis (16/7/2015).

Kemudian, kelebihan panas yang ditimbulkan akan digunakan untuk tenaga turbin yang mengisi kembali sistem laser, dimana secara efektif akan membuat mesin bergerak secara mendiri.

Jika proyek ini berhasil, Boeing berharap energi ini bisa digunakan untuk sumber daya rudal, roket, dan pesawat ruang angkasa di masa depan.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini