Sukses

Planet Venus dan Jupiter Terlihat Langsung dari Bumi

Planet Venus dan Jupiter tampak langsung dari Bumi, bagaimana bisa?

Liputan6.com, Jakarta - Pada pekan ini, tepatnya beberapa hari lalu, jika Anda sedang berada di luar pada waktu malam hari, terdapat dua titik cahaya terang yang berpijar di langit. Yang satunya lebih besar, dan yang satu lagi terlihat lebih kecil. Apa kedua titik cahaya tersebut merupakan bintang? Tentu tidak.

Fenomena penampakan dua titik bercahaya tersebut adalah `penampakan` planet Venus dan Jupiter. Lantas, bagaimana bisa kedua planet tersebut berdekatan dan memijarkan cahaya ke Bumi?

Menurut informasi yang dilansir laman CBC News, Sabtu (18/7/2015), rupanya kedua planet tersebut sedang berada di dalam fase `conjunction`.

Hal ini juga secara langsung dijelaskan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaludin, yang mengatakan bahwa Planet Venus dan Jupiter sedang berada di jarak terdekat dengan Bumi.

“Di langit barat, pada awal Juli 2015 Venus dan Jupiter memang berada pada titik terdekat Bumi, sehingga terlihat lebih terang ketika dilihat dari Bumi. Namun kini, kedua planet tersebut sudah mulai menjauh. Awalnya, titik terang ini muncul setelah Magrib, kemudian mulai menghilang setelah Isya,” jelas Thomas yang dihubungi tim Tekno Liputan6.com via telepon.

Thomas melanjutkan, terkadang jajaran planet seperti Venus dan Jupiter berada pada titik terdekat dengan Bumi sehingga menghasilkan formasi conjunction. Hal ini memungkinkan kedua planet tersebut memijarkan cahaya terang seperti fenomena Supermoon.

“Karena memang Venus pada sudut tertentu memancarkan cahaya yang paling terang. Dan, yang ini justru biasanya disebut dengan fenomena `bintang kejora`” tambah Thomas.

Dalam tata surya, Venus memang merupakan bintang paling terang jika berdampingan dengan Jupiter. Dalam jarak yang sangat dekat dengan Bumi, maka fenomena titik terang tersebut bisa terlihat langsung dengan mata telanjang.

Seiring berakhirnya bulan suci Ramadan kali ini, kedua planet tersebut justru mulai menjauh dan meredup. Karena, di awal Juli Planet Venus dan Jupiter berada di titik terdekat dengan Bumi, sehingga kini kedua planet tersebut sudah tidak lagi membentuk formasi conjunction dan cahayanya mulai meredup. 

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.