Sukses

#EidMubarak dan Selamat Idul Fitri Banjiri Linimasa Twitter

Selain di dunia nyata, kemeriahan perayaan Hari Lebaran ternyata juga terasa di jejaring sosial Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah jatuh pada hari Jumat, 17 Juli 2015, setelah hilal dinyatakan terlihat di berbagai tempat. Gema takbir berkumandang di dunia dan segala penjuru daerah Tanah Air.

Ya, Hari Raya Idul Fitri memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu para umat muslim di penjuru dunia setelah sebulan lamanya berpuasa. Selain di dunia nyata, kemeriahan perayaan Hari Lebaran ternyata juga terasa di jejaring sosial Twitter.

Pantauan kami, hingga Jumat (17/7/2015) siang ini pukul 11.41 WIB, topik pembicaraan tentang segala hal yang berhubungan dengan Hari Raya Idul Fitri menguasai linimasa Twitter. Netizen ramai-ramai menuturkan ucapan Idul Fitri dan permohonan maaf di Twitter.

Sejumlah hshtag terkait Lebaran tampak mendominasi trending topic Twitter di Indonesia karena banyaknya tweet yang membicarakannya, mulai dari #EidMubarak di daftar trending topic teratas, disusul #LebaranGanteng, Selamat Idul Fitri, Open House, 1436 H, hingga Istiqlal.

Sukshinder Shinda, produser rekaman dan penulis lagu dari Handsworth di Birmingham, England tak ketinggalan mengucapkan Selamat Lebaran kepada para umat muslim di seluruh dunia.

Berdasarkan sidang Isbat di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (16/7/2015) sore, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menetapkan 1 Syawal 1436 Hijriah jatuh pada Jumat 17 Juli 2015. Hal itu berdasarkan hasil pemantauan hilal (bulan) di sejumlah daerah di Indonesia.

Lukman menuturkan, ada sejumlah landasan penetapan Lebaran pada Jumat 17 Juli 2015. Tidak hanya posisi hilal, Lukman juga mengungkap umur hilal. Dia mengatakan, umur hilal tersebut sudah di atas kriteria pergantian bulan dalam tahun hijriah.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini