Sukses

Malam Lebaran, Menkominfo Sidak Kantor‎ Indosat

Salah satu operator seluler di Indonesia yang dikunjungi adalah fasilitas Indosat Network Operation Center (i-NOC).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara melakukan pemantauan kesiapan operator telekomunikasi nasional dalam menghadapi Idul Fitri 1436 H.

Salah satu operator seluler di Indonesia yang dikunjungi adalah fasilitas Indosat Network Operation Center (i-NOC) di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis malam (16/7/2015). Maklum, momen hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, menuntut kinerja ekstra operator, khususnya dalam menyediakan pelayanan prima bagi pelanggan.

Tepat di lantai 6 kantor pusat Indosat, Menkominfo langsung diajak berkeliling oleh Presdir & CEO Indosat, Alexander Rusli. Fasilitas baru i-NOC ini merupakan wujud dari kesiapan jaringan Indosat, terutama dari sisi pengendalian jaringan, untuk mendukung dan memastikan komunikasi pelanggan selama masa Ramadan dan Mudik Lebaran 2015 berlangsung dengan lancar dan nyaman.

Ada beberapa ruangan yang penuh dengan perangkat untuk memonitor jaringan telekomunikasi. Semuanya terintegrasi dengan sistem i-NOC atau Indosat Network Operation Center.

"Harus seperti ini, network control di Indosat sudah bagus, belum semua operator punya fokus pada network control ini, Indosat getting better-lah," ujar Rudiantara usai berkeliling dan memantau semua fasilitas i-NOC.

Menteri yang akrab dengan panggilan Chief RA ini juga sempat berkomunikasi dengan staff Indosat di daerah. Ada layar di command room untuk berkomunikasi dengan daerah seperti Denpasar, Bandung dan Surabaya. Rata-rata mengatakan kesibukan data melonjak dan segera bisa ditangani jika ada masalah.

Manajemen masalah bisa dengan cepat ditangani karena ada control room super canggih di sebelah command room. Layar seukuran mobil membentang di tengah ruangan, menunjukkan kondisi real-time jaringan Indosat di seluruh Indonesia. Jika ada masalah, tim i-NOC langsung bisa memecahkan dengan mudah karena semuanya langsung dipantau.

"Kalau dilihat dari i-NOC, kelihatan lebih bagus dari tahun lalu, meningkat data trafficnya 200 persen," imbuhnya.‎

Sementara itu Presdir & CEO Indosat, Alexander Rusli, mengaku sudah menyusun pembentukan i-NOC sejak tiga bulan lalu. Dalam kurun waktu itu, Indosat sudah melakukan test drive atau percobaan jaringan. Khususnya di jalur Cipali yang kini sedang dipadati pemudik, hasilnya ada penambahan kapasitas jaringan bagi semua pelanggan Indosat.

"Peningkatan kapasitas sudah dioperasikan sejak dua - tiga bulan yang lalu. Modernisasinya bahkan sudah dari tahun lalu," ujar Alex​ dalam keterangan resminya​.

Soal peningkatan trafik, ia sepakat dengan Rudiantara. Lebaran tahun ini Indosat melayani permintaaan yang meningkat dua kali lipat. Artinya, trafik telekomunikasi meningkat 200 persen dibanding dengan trafik lebaaran setahun yang lalu.

"Trafik data yang meningkat pesat, sementara trafik voice dan sms tak seberapa," pungkas Alex.

Fasilitas i-NOC Indosat dilengkapi dengan beberapa fasilitas baru yang terdiri dari ruang bangunan utama untuk memonitor jaringan yang dilengkapi 24 buah video wall display untuk dashboard monitoring guna membantu secara visual memonitor service (SoC) dan tren performance jaringan. Hasil pemantauan dari fasilitas ini akan melengkapi informasi bagi para engineer dan teknisi jaringan dari tiap fungsi seperti fungsi Core, Radio, Transmisi Backbone dan Access Network.

(yas/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.