Sukses

Misi Ekspedisi Pluto Sukses, Bumi Bersorak-sorai

Suksesnya New Horizon menjalankan misi ekspedisi ke planet terjauh di tata surya itu membuat seisi Bumi gegap gempita

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sepanjang sejarah, akhirnya misi ekspedisi Pluto yang sudah berjalan selama sembilan tahun lamanya, menuai keberhasilan untuk pertama kali. 

New Horizon, pesawat ruang angkasa milik NASA yang diturunkan untuk menjalani misi tersebut akhirnya mengirim status berupa pesan bahwa misi telah sukses dijalankan ke tim pengendali yang ada di Bumi, pada Selasa pagi (14/7/2015).

Menurut informasi yang dilansir laman Live Science, Sabtu (18/7/2015), pesan dikirimkan ke tim pengendali misi di Laboratorium Fisika Terapan Johns Hopkins University di Laurel, Maryland, pada Selasa pukul 20.52 waktu setempat, tepatnya sekitar 4,5 jam setelah New Horizons mengirimkan pesan tersebut.

"Kami memiliki pesawat ruang angkasa dengan kondisi fisik yang sangat sempurna," ujar manajer operasi misi Alice Bowman dari Laboratorium Fisika Terapan kepada tim pengendali misi. "Kami sudah mencatat informasi dan data terkait sistem Pluto, dan kami sedang dalam proses meninggalkan Pluto."

Kontan, sampainya pesan tersebut ke Bumi membuat seluruh orang bersorak sorai dan merayakan kesuksesan New Horizon yang telah berhasil mengungkap identitas Pluto selama sembilan tahun lamanya.

“Pluto telah mendapatkan pengunjung pertamanya! Terima kasih @NASA, ini adalah hari besar untuk sebuah penemuan dan kepemimpinan di Amerika," kicau @POTUS, akun Twitter resmi milik Presiden Barack Obama yang menanggapi pesan New Horizon dengan sangat positif.

Awalnya, pesan yang dikirim New Horizons ke Bumi tidak dapat sampai seketika. Pasalnya, pada saat itu New Horizon sedang berada dalam jarak sekitar 3 miliar mil (4.8 miliar kilometer) dari bumi, sehingga pesawat luar angkasa tersebut tidak dapat mengirim pesan dan mengumpulkan data secara bersamaan.

Hal ini membuat tim pengendali terus menerus melakukan pengamatan di sekitar penerbangan terdekat dengan Pluto sambil menunggu datangnya pesan. Setelah New Horizons mengirim pesan ke Bumi, mereka melanjutkan investigasi ilmiahnya.

Pesan tersebut pun disambut dengan sorakan riuh oleh tim di Laboratorium Fisika dan para pejabat NASA. "Anda telah menginspirasi para generasi mendatang dengan luar biasa," kata Administrator NASA Charles Bolden kepada tim New Horizons dalam konferensi pers setelah check-in status keberhasilan misi diumumkan. (jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.