Sukses

NASA Gunakan Komponen PlayStation untuk Memburu Pluto

Tak disangka, komponen prosesor PlayStation generasi pertama digunakan untuk menopang performa pesawat New Horizon ini

Liputan6.com, Jakarta - Usai sudah ekspedisi NASA mengungkap tabir Pluto dalam mencapai orbit planet kerdil tersebut.

Misi yang dibawa langsung dengan pesawat New Horizon tersebut pun butuh waktu sembilan tahun untuk mencapai planet terjauh di tata surya ini.

Namun, yang masih banyak menjadi pertanyaan banyak orang, apa yang membuat pesawat New Horizon mampu menerobos lintasan terjauh di tata surya hingga akhirnya dapat mencapai Pluto?

NASA pun akhirnya mengungkap bahwa terdapat beberapa komponen penting yang digunakan di New Horizon. Salah satu komponen ini dipastikan akan membuat Anda tercengang, komponen utama yang digunakan rupanya berasal dari isi dari komponen konsol Sony PlayStation (PS).

New Horizon diluncurkan pada tahun 2006 lalu. Proses pembuatan satelit ini nyatanya memang dilakukan jauh-jauh hari sebelum waktu peluncurannya. Ini artinya, komponen yang dipakai oleh New Horizon dipastikan masuk ke dalam kategori komponen lawas karena waktu perakitannya dilakukan sekitar 10 tahun lalu.

Siapa yang bisa menyangka, salah satu komponen penting yang digunakan adalah prosesor 32 bit MIPS R3000 yakni komponen prosesor yang hadir di dalam konsol PS generasi pertama.

Justru, uniknya kecepatan prosesor RS3000 yang dipakai di New Horizon lebih kencang ketimbang yang digunakan di PS 1. Faktanya, prosesor RS3000 yang dipakai di PS1 kecepatannya paling tinggi hanya 37,5 MHz.

Tetapi, jika dibandingkan dengan standar prosesor pada tahun 2005, prosesor RS3000 yang digunakan di New Horizon rupanya sangat jauh di bawah standar. Padahal, 2005 merupakan era kejayaan prosesor Pentium D (Dual-core) buatan Intel yang performanya sangat sempurna pada masa itu.

Terlepas dari semua itu, semua yang lebih paham terkait hal ini hanya memang tim pengembang komponen New Horizon. Sebagai bukti, prosesor RS3000 tak salah dipilih karena mampu bertahan tanpa masalah sama sekali selama 9,5 tahun perjalanan dari Bumi ke Pluto. (jek/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.