Sukses

Dorong Industri Kreatif, FGD Expo 2015 Digelar 6-9 Agustus

Kehadiran teknologi-teknologi baru menjadi kekuatan yang ditampilkan dalam FGD Expo 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Industri kreatif merupakan sektor strategis dalam mendukung pertumbuhan pembangunan ekonomi nasional dan berkontribusi penting terhadap perekonomian nasional. Ketersediaan teknologi yang relevan dan kompetitif memberi dorongan bagi pengembangan industri kreatif di Indonesia.

Melalui FGD Expo 2015 yang mengusung tema "Tech Provoke!", gelaran ini menjanjikan stimulasi yang dapat memprovokasi pola pikir terkait dengan pengelolaan dan pembenahan dalam aspek efektifitas, efisiensi dan produktivitas usaha.

FGD Expo telah menjadi benchmark bagi industri grafika di Indonesia. Kehadirannya selama ini telah menjadi showcase perkembangan industri grafika dan juga memiliki pengaruh terhadap arah tren industri kreatif di Indonesia.

Ajang pameran dua tahunan yang berlangsung sejak tahun 2003 ini, merupakan kegiatan terpadu yang mencakup pameran, presentasi produk dan seminar industri grafika dan kreatif.

FGD Expo mengusung empat pilar yaitu Printing, Packaging, Promotion dan Publishing yang menjadi kekuatan gerak dalam mendukung daya saing industri kreatif di Indonesia. Kehadiran teknologi-teknologi baru menjadi kekuatan yang ditampilkan dalam FGD Expo 2015.

Mengingat industri kreatif adalah pengguna intensif dari teknologi, oleh karenanya FGD Expo 2015 secara cermat menyikapi aspirasi terhadap inovasi baru dalam teknologi grafika dengan menampilkannya dalam ajang pameran.

Perhelatan FGD Expo 2015 juga akan mengusung program-program edukasi, seperti presentasi produk serta informasi-informasi terkini yang terkait dengan industri grafika.

"Generasi muda merupakan salah satu driver pertumbuhan kreatif industri di Indonesia. Oleh karenanya, FGD Expo dapat menjadi pendukung bagi gerak usaha dan kreativitas mereka, terutama dalam memberikan informasi-informasi mengenai kebaruan dan ragam solusi yang terkait dengan teknologi grafika," ujar Danton Sihombing selaku Chairman FGDForum dalam siaran persnya.

Kontribusi untuk Industri Kreatif

Perkembangan industri kreatif Indonesia secara signifikan memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional yang juga kian besar, sekitar 6,3 persen GDP atau setara dengan Rp 104,73 triliun.

Fakta ini semakin nyata dengan ketersediaan teknologi yang relevan dan kompetitif sehingga mampu mendorongan pengembangan industri kreatif di Indonesia.

FGD sebagai wadah para praktisi dan pemerhati kreatif Indonesia ingin ikut serta memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang grafika yang mampu beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi modern.

Vista Limbong, Project Director dari API menjelaskan bahwa FGD Expo tahun ini akan menghadirkan beragam program edukasi untuk memberikan wawasan terkini tentang industri grafika.

"FGD Expo ini dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan para pelaku industri grafika dalam memamerkan dan mempromosikan produk dan jasanya, menghadirkan informasi-informasi terkini bagi para end-users, salah satunya lewat beragam program acaranya," ujarnya.

Program-program pendukung FGD Expo

Selama acara FGD Expo 2015 digelar, akan ditampilkan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan Industri Kreatif. Kegiatan-kegiatan tersebutantara lain:

- IdeaFest 2015 (7 Agustus)
- A Day with Technology (7 Agustus)
- Designer Plus (8 Agustus)
- Production Plus (8 Agustus)
- Hobi Gambar dan Pemetaan Seni Visual (9 Agustus)

(dhi/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini