Sukses

NASA Ciptakan Robot Air untuk Jelajahi Planet Jupiter

Robot yang diberi nama Buoyant Rover for Under-Ice Exploration (BRUIE) ini dapat bergerak di bawah air.

Liputan6.com, California - Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, NASA sempat dikabarkan akan mengungkap tanda kehidupan di Planet Jupiter dengan meluncurkan sebuah satelit.

Namun, selain menyiapkan satelit yang bernama Juno itu, rupanya NASA juga tengah mengembangkan sebuah robot yang dapat bergerak di bawah air untuk dapat meneliti planet raksasa tersebut dan juga Europa, yakni bulan milik Jupiter.

Robot yang diberi nama Buoyant Rover for Under-Ice Exploration (BRUIE) ini tidak hanya dapat mengapung di bawah air, namun juga bisa bergerak di dasar laut karena dilengkapi sepasang roda.

Laman Mirror, Jumat (24/7/2015), melansir bahwa robot tersebut telah diuji coba oleh NASA di pusat sains NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL), Pasadena, California.

Uji Coba Buoyant Rover for Under-Ice Exploration (BRUIE)

BRUIE dapat menjelajah kedalaman laut sampai 200 meter. Selain itu robot ini dibekali perangkat komputer, sensor, peralatan komunikasi, kamera serta flash, bahkan dua buah motor dengan baterai.

Andy Klesh, kepala peneliti untuk rover di JPL, mengatakan bahwa ia percaya bahwa planet Jupiter dan Bulan Europa memiliki kadar air yang begitu tinggi, bahkan dipercaya bahwa planet raksasa tersebut memiliki "samudera" yang cukup luas dan tertutup oleh lapisan es. Oleh karena itu, mereka mengembangkan proyek robot BRUIE ini.

Klesh menjelaskan, robot itu pertama-tama akan digunakan di Bumi untuk mempelajari wilayah kutub utara dan kutub selatan. Ia juga mengatakan bahwa teknologi ini suatu hari dapat dipakai untuk menjalankan misi eksplorasi es di sistem tata surya.

NASA mengklaim bahwa BRUIE ideal untuk berjalan di bawah lapisan es. Robot ini dapat mengambil gambar di bawah air dan bisa mengumpulkan data lain yang nantinya akan dikirim ke tim peneliti.

Kevin Hand, salah satu peneliti NASA JPL menjelaskan bahwa bila nantinya BRUIE dapat berhasil menjalankan misi percobaannya di Bumi, maka robot tersebut akan langsung dibawa ke planet Jupiter dan bulan Europa.

Tujuannya adalah untuk melakukan eksplorasi laut dan menguji kelayakan planet tersebut apakah memang benar bisa dihuni umat manusia atau tidak?

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.