Sukses

Ini Dua Bulan Planet Pluto yang Berbentuk `Jelly Bean`

Kedua bulan yang bernama Nix dan Hydra ini memiliki bentuk unik seperti cemilan Jelly Bean

Liputan6.com, California - Pasca menyelesaikan misi ekspedisi Pluto, The National Aeronautics and Space Administration (NASA) kembali meluncurkan gambar terbaru dari permukaan Nix dan Hydra, dua dari lima bulan yang mengelilingi Pluto.

Gambar dua bulan mungil tersebut diambil oleh pesawat New Horizons dan berhasil memperlihatkan bentuk Nix dan Hydra dari dekat.

Uniknya, kedua bulan tersebut tampak seperti cemilan Jelly Bean. Sementara, Nix memiliki warna merah muda dan NASA memberi julukan bulan tersebut sebagai `Strawberry Jelly Bean`.

Carly Howett, ilmuwan dari Southwest Research Insitute mengatakan bahwa observasi ini begitu menarik dan tentunya hal ini membuat tim peneliti sangat antusias untuk mengungkap identitas kedua bulan yang berada di dekat planet kerdil tersebut.

Saat ini, Howett juga sedang menyelidiki mengapa Nix memiliki permukaan berwarna merah muda.

Nix dan Hydra diambil dari lensa LORRI

Hydra justru memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan Nix. Hydra memiliki ukuran lebih besar, Nix hanya memiliki panjang 26 mil dan lebar 22 mil, sementara Hydra memiliki panjang 34 mil dan lebar 25 mil dengan permukaan yang kasar dan memiliki dua buah kawah besar.

Namun, Ted Styrk, seorang ilmuwan dari Roane State Community College menjelaskan bahwa beberapa hari yang lalu Hydra hanya tampak seperti titik yang bercahaya.

Gambar Nix dan Hydra ditangkap dengan lensa Long Range Reconnaissance Imager (LORRI), dimana merupakan kamera yang termasuk ke dalam kategori misi high-definition (HD).

Kamera tersebut diciptakan ketika New Horizons berada pada jarak 102.000 mil dan 143.000 mil dari Nix dan Hydra.

(jek/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini