Sukses

Pecundangi Samsung, Apple Sukses Rajai Pasar Smartwatch

Secara keseluruhan pasar smartwatch mengalami pertumbuhan positif yang sangat signifikan.

Liputan6.com, Jakarta - Meski masih "hijau" di pasar jam tangan pintar, Apple faktanya langsung mampu menjadi pesaing serius bagi para lawan "mainnya".

Bahkan, smartwatch debutan Apple Watch dilaporkan sukses menguasai 75,5% pangsa pasar jam tangan pintar di kuartal kedua 2015.

Menurut data yang dirilis Strategy Analytics, dominasi Apple hanya menyisakan 7,5% pangsa pasar bagi Samsung, yang notabene sempat merajai pasar smartwatch di 2014.

Pangsa Pasar Smartwatch (Business Insider)
Dikutip dari laman Business Insider, Jumat (24/7/2015), secara keseluruhan pasar smartwatch mengalami pertumbuhan positif yang sangat signifikan.

Di periode yang sama tahun 2014, tercatat hanya ada sekitar 1 juta unit smartwatch yang diserap pasar. Jumlah tersebut meningkat drastis tahun ini menjadi 5,3 juta unit berkat animo tinggi konsumen terhadap Apple Watch.

"Apple Watch sukses mengangkat standar bisnis smartwatch global. Kini waktunya bagi para pesaing, seperti Samsung, untuk merespon," tulis Neil Mawston, Executive Director Strategy Analytics dalam laporannya.

Namun begitu, Mawston memberikan peringatan kepada Apple agar tidak terlena dengan capaiannya ini. Sebab, menurut Mawston, kesuksesan Apple Watch lebih dikarenakan rasa penasaran konsumen, bukan kualitas produk yang ditawarkan.

Ini artinya, masih ada kesempatan bagi para produsen lain untuk menelurkan produk anyar yang inovatif untuk meruntuhkan dominasi Apple.

(dhi/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini