Sukses

Inikah Kandidat Pengganti Presiden Nintendo?

Genyo Takeda diyakini sebagai sosok yang dapat menjadi sosok pengganti Satoru Iwata sebagai CEO dan Presiden Nintendo

Liputan6.com, Tokyo - Sepekan setelah kepergian Presiden dan CEO Nintendo, Satoru Iwata, kini beredar kabar bahwa terdapat satu kandidat yang diyakini bakal mengganti posisi tertinggi di jagat perusahaan konsol game tersebut.

Meskipun sebelumnya pihak Nintendo pernah menyatakan belum menetapkan siapa yang akan menggantikan Iwata, namun para analis bisnis berpendapat bahwa satu-satunya yang dapat menggantikan posisi orang nomor satu di Nintendo adalah Genyo Takeda.

Sebagaimana dilansir International Business Times, Jumat (24/7/2015), Takeda kini menjabat sebagai General Manager di divisi riset dan pengembangan Nintendo.

Sejak Iwata meninggal, Takeda mengambil alih posisi co-running, salah satu jabatan yang menjalankan perusahaan bersama para petinggi Nintendo lainnya, termasuk game designer dan produser kawakan Nintendo, Shigeru Miyamoto.

Bahkan, nama Miyamoto pun sempat disebut bakal menjadi kandidat pengganti Iwata. Analis menjelaskan, kesempatan Miyamoto untuk mengambil peran menjadi Presiden Nintendo tidaklah setinggi kesempatan Takeda.

Miyamoto justru lebih cocok bekerja pada pengembangan software kreatif di Nintendo. Seorang analis bisnis di Parker Consulting, Nick Parker, mengatakan bahwa Takeda memang sepantasnya dapat menggantikan posisi Iwata.

Pengalaman Takeda di Nintendo dan dunia teknologi serta video game sudah tidak perlu diragukan lagi. Terlebih ia juga memiliki pengetahuan hardware yang begitu luas.

Parker melanjutkan, Nintendo memang perlu sosok seperti Takeda dengan segudang pengalamannya untuk dapat membawa Nintendo ke jalur yang lebih baik dan penuh inovasi, baik dari sisi produk konsol game dan perangkat handheld.

Takeda pun merupakan salah satu developer penggagas Wii bersama Iwata. Track record-nya pun dinilai baik selama ia mengemban karir di Nintendo.

Sampai saat ini, Nintendo memang belum dapat memberikan konfirmasi terkait apakah benar Takeda akan menggantikan Iwata atau tidak?

Namun, yang jelas Nintendo membutuhkan sosok seorang pemimpin baru pengganti Iwata yang mampu mengarahkan Nintendo dalam mengeksplorasi peluang digital ke depannya.

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini