Sukses

Serius Garap Mobil Listrik, Apple Minta Bantuan BMW

CEO Apple Tim Cook terpantau beberapa kali mengunjungi markas besar BMW di Leipzig, Jerman.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil tanpa BBM BMW i3 kabarnya akan dijadikan sebagai dasar rancangan mobil listrik Apple. Hal ini pertama kali dilaporkan oleh majalah asal Jerman, Manager Magazin.

Apple dan BMW menurut sumber Manager Magazin saat ini tengah melakukan pembicaraan intens terkait model kerja sama yang akan dilakoni. Bahkan, CEO Apple Tim Cook sejak Februari lalu terpantau beberapa kali mengunjungi markas besar BMW di Leipzig, Jerman.

Meksi belum ada penyataan resmi, namun minat Apple untuk memulai debut di industri otomotif kian tak bisa ditutupi. Terakhir, mereka merekrut Doug Betts, mantan eksekutif manufaktur dari pabrikan mobil Itali-Amerika, Fiat Chrysler.

Sebelumnya, Apple juga telah mempekerjakan ratusan insinyur dengan latar belakang otomotif untuk bergabung dalam sebuah proyek rahasia berkode nama "Titan". Proyek ini sendiri dipercaya sebagai proyek pengembangan konsep mobil listrik ataupun mobil otonomos Apple.

Selain itu, laman Business Insider, Kamis (30/7/2015), melansir bahwa Apple "ketahuan" mengutus Steve Zadesky --mantan bos Ford yang juga sempat membantu perancangan iPod-- ke Austria untuk mencari manufaktur mobil listrik.

BMW Membantah

Juru bicara BMW pada pertengahan Maret lalu sempat mengatakan, "Kami sedang dalam pembicaraan rutin dengan beberapa perusahaan telekomunikasi dan IT, termasuk Apple, tentang kendaraan yang terkoneksi. Tetapi, mengembangkan atau memproduksi mobil bukanlah topik diskusi tersebut."

Ini artinya, Apple dan BMW hanya akan bekerjasama dalam hal penyematan fitur CarPlay di mobil-mobil besutannya, bukan membantu Apple merancang mobil.

Namun begitu, pembicaraan antara Apple-BMW masih terus berlanjut. Belum dapat dipastikan bagaimana akhir dari kesepakatan antar keduanya.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini