Sukses

4 Smartphone Unggulan di Paruh Kedua 2015

Penasaran smartphone-smartphone unggulan apa saja yang bakal dirilis di pertengahan hingga akhir tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Paruh kedua 2015 akan menjadi arena persaingan yang sangat menantang bagi para produsen smartphone. Samsung, Apple, Sony dan Xiaomi diprediksi bakal merilis produk smartphone andalan mereka di Agustus-September 2015 mendatang.

Penasaran smartphone-smartphone unggulan apa saja yang bakal dirilis di pertengahan hingga akhir tahun ini. Berikut ulasannya:

Samsung Galaxy Note 5

Rumor yang menyebutkan bahwa Samsung akan meluncurkan phablet terbarunya, Galaxy Note 5, lebih cepat dari biasanya semakin berhembus kencang.

Menurut yang dilaporkan sumber terdekat perusahaan kepada media Business Korea, Samsung akan menggelar sebuah acara di New York pada 13 Agustus mendatang untuk memperkenalkan dua handset barunya sekaligus, Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus.

Samsung bahkan menginginkan phablet generasi kelimanya itu sudah bisa dibeli di toko-toko tak lama setelah handset tersebut dirilis. Samsung disebut-sebut sengaja merilis Galaxy Note 5 lebih awal sebelum Apple memperkenalkan iPhone generasi terbarunya.

Secara spesifikasi, Galaxy Note 5 kabarnya akan dibekali layar QHD Super AMOLED 5,7-inci, prosesor Exynos 7422, RAM 4GB, kamera 16-megapixel (MP) dengan optical image stabilization (OIS) dan dukungan S-Pen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone 6S

iPhone 6S

Apple dilaporkan optimis kesuksesan seri iPhone akan terus berlanjut, termasuk iPhone 6s. Bahkan sebelum resmi diperkenalkan, Apple menargetkan 90 juta iPhone 6s bisa selesai diproduksi hingga akhir tahun ini.

iPhone 6s saat ini dilaporkan telah mulai diproduksi dan diharapkan akan meluncur pada 11 September 2015. Seri smartphone ini diprediksi akan memiliki ukuran layar yang sama dengan iPhone 6 yaitu 4,7 inci untuk iPhone 6s dan 5,5 inci untuk iPhone 6s Plus.

Apple diyakini akan menyuguhkan fitur Force Touch pada iPhone generasi terbaru itu. Dengan adanya Force Touch, perangkat bisa membedakan tingkat tekanan pada layar.

Sejauh ini, iPhone 6s dan 6s Plus dilaporkan akan memiliki kamera utama 12 megapiksel (MP), chip A9 dan RAM 2GB. Keduanya diprediksi akan tampil perdana pada 11 September, kemudian mulai dijual pada 18 September.

3 dari 4 halaman

Xiaomi Mi 5

Xiaomi Mi 5

Memasuki semester II, Xiaomi belum merilis smartphone flagship untuk tahun ini. Namun menurut laporan, tidak lama lagi smartphone tersebut akan meluncur.

Sejumlah bocoran Mi 5 pun telah beredar di ranah maya, termasuk foto-fotonya. Berdasarkan bocoran terbaru, Mi 5 memiliki tiga tombol kapasitif di bagian bawah layar.

Selain itu juga terdapat dua port di bawah smartphone tersebut. Namun fungsi kedua port tersebut sampai saat ini belum diketahui secara pasti.

Sejauh ini yang diketahui soal spesifikasinya antara lain layar Quad HD 5 inci, prosesor Snapdragon 810, RAM 4GB dan pemindai sidik jari yang terletak di bagian belakang. Meski belum ada konfirmasi, Xiaomi diperkirakan akan merilis Mi 5 pada 16 Agustus, berbarengan dengan versi 'Plus' smartphone tersebut.

4 dari 4 halaman

Sony Xperia Z5

Sony Xperia Z5

Sony akan kembali meramaikan pasar smartphone dengan produk flagship terbarunya. Handset yang diperkirakan bernama Xperia Z5 itu dilaporkan akan tampil perdana pada September 2015.

Sejumlah informasi mengenai Xperia Z5 telah beredar luas. Salah satunya soal layar, yang disebut berukuran 5,5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel.

Selain itu, Xperia Z5 juga disokong prosesor octa-core Snapdragon 810 dan GPU Adreno 430. Spesifikasi lainnya termasuk RAM 3GB, memori internal 32GB, kamera belakang 20,7 Megapiksel (MP), kamera depan 8 MP, dan memiliki pemindai sidik jari.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.