Sukses

Cara Meng-upgrade Windows 10 di PC

Ingin menginstal Windows 10 di PC Anda? Simak caranya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda pengguna PC, pastinya Anda sudah tidak sabar menunggu hadirnya sistem operasi terbaru besutan Microsoft, Windows 10.

Windows 10 menjadi bahan perbincangan hangat di kalangan pengguna PC belakangan ini. Jelas saja, sistem operasi terbaru ini merupakan edisi paripurna Windows yang diprediksi akan menjadi terbaik dari yang terbaik.

Pada hari Rabu (29/7/2015) kemarin, sistem operasi terakhir Windows ini secara resmi diluncurkan di seluruh dunia. Bagi Anda pengguna PC dengan sistem operasi Windows 7 dan Windows 8.1, tentunya Anda bisa menikmati sistem operasi ini dengan melakukan upgrade terlebih dahulu.

Kali ini, tim Tekno Liputan6.com akan menyajikan cara bagaimana Anda dapat melakukan upgrade ke Windows 10 seperti berikut ini.

Perhatikan jenis sistem operasi

Pastikan kembali bahwa PC Anda berjalan di bawah sistem operasi Windows 7 atau Windows 8.1, Anda tidak akan bisa meng-upgrade ke Windows 10 jika PC Anda berjalan di bawah sistem operasi Windows Vista. 

Perlu diperhatikan pula, bahwa user Windows 10 hanya memiliki waktu satu tahun untuk bisa menikmati Windows 10 secara gratis. Setelahnya, akan ada subscription upgrade berbayar. 

Windows 10 pun akan menjadi sistem operasi `terakhir` Windows karena upgrade berikutnya hanya muncul secara minor, mekanisme upgrade ini serupa dengan cara yang dilakukan Apple dengan OS X-nya.

Back up sistem

Sebelum Anda menerima notifikasi upgrade, pastikan Anda telah melakukan back up sistem data pada PC Anda terlebih dahulu. 

Kami pun sangat merekomendasikan Anda untuk menyimpan data Anda di layanan cloud Microsoft OneDrive, akan lebih baik jika data penting Anda disimpan pada layanan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Cek kembali system requirements

Meskipun Anda sangat yakin bisa meng-upgrade ke Windows 10 lantaran Anda memiliki sistem operasi Windows 7 atau 8.1, pastikan kembali bahwa PC Anda mampu menjalankan sistem operasi Windows 10 berdasarkan dari system requirements yang dibutuhkan, serta berapa banyak kapasitas penyimpanan yang akan habis pada storage PC Anda.

Tunggu notifikasi upgrade

Setelah melakukan ketiga cara diatas, Anda secara teknis bisa langsung meng-upgrade PC Anda ke Windows 10. 

Namun, bagaimana caranya? Anda tunggu notifikasi upgrade yang akan muncul secara pop-up. Setelah notifikasi upgrade muncul, ikuti langkah instalasi yang diberikan. 

Setelah itu, PC Anda akan menginstal Windows 10 kurang lebih selama satu jam (20 menit untuk perangkat PC terbaru). Jika sudah selesai, maka PC Anda secara otomatis telah mengadopsi Windows 10.

(jek/dhi)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.