Sukses

Video Streaming Paling Diminati Pelanggan 4G Telkomsel

Video Streaming adalah layanan yang paling diminati pelanggan 4G LTE, disusul streaming musik dan media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan 4G Long Term Evolution (LTE) memiliki kekuatan utama jaringan internet super cepat. Alhasil, berbagai operator seluler selalu menggadang-gadang 4G mampu membuat proses transfer data menjadi lebih cepat dan stabil, termasuk PT Telekomunikasi Indonesia (Telkomsel).

Telkomsel yang pertama kali menggelar layanan 4G LTE pada akhir tahun lalu, mengklaim teknologi jaringan internet super cepat generasi keempat tersebut sangat diminati oleh para penggunanya. Karena kecepatan internet adalah kekuatan utama 4G, maka terlihat jelas adanya perubahan penggunaan layanan internet di kalangan pengguna.

Senior Vice President LTE Project Telkomsel, Hendri Mulya Syam, menuturkan bahwa perubahan paling mencolok adalah konten yang paling banyak diminati yaitu menonton video secara online (video streaming). Sekitar 65 persen dari 800 ribu pelanggan 4G Telkomsel diketahui mengakses video streaming.

"Sejak menggunakan 4G, terjadi perubahan kebiasaan di kalangan pengguna. Sekarang kebanyakan layanan 4G untuk video streaming, sedangkan sisanya untuk musik streaming dan mengakses media sosial," katanya di Wisma Mulia, Jakarta, Rabu (29/7/2015).

Konsumsi video online, sambung Hendri, diyakini akan semakin tumbuh. Pasalnya berbagai layanan internet populer seperti Facebook dan Twitter, juga semakin banyak menyuguhkan konten video. Hal ini pun mau tak mau membuat aktivitas menonton video online semakin tinggi, sehingga membuat konsumsi data melonjak.

"Kami yakin video bakal jadi 'killer app' dan booming. Karena itu sebagai operator, kami berusaha memberikan pengalaman konsumen yang lebih baik dan salah satunya melalui layanan 4G dengan jaringan internet cepat," sambung Hendri.

Namun Hendri menyayangkan masih ada pengguna yang merasa kuota data cepat tergerus. Menurutnya, itu adalah hal yang wajar mengingat proses transfer data melalui jaringan 4G memang lebih cepat dan stabil.

Ia pun menegaskan bahwa Telkomsel selalu transparan mengenai layanan mereka, termasuk soal kuota data para pengguna. "Saat ini masih ada persepsi konsumen bahwa kuota mereka menjadi lebih cepat habis, tapi itu semua kan karena loading-nya lebih cepat. Karena itu, kami memiliki banyak paket internet yang dapat dipilih sesuai kebutuhan mereka (pengguna)," ungkap Hendri.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.