Sukses

Hasil Drive Test 4G LTE Smartfren di Malang Tak Secepat Surabaya

Hasil drive test layanan 4G LTE Smartfren di Malang (Foto: Iskandar/Liputan6.com)

Liputan6.com, Malang - Setelah menggelar uji jaringan atau drive test layanan 4G LTE di Surabaya, Smartfren langsung menuju kota Malang untuk melakukan hal yang sama.

Hasil drive test yang tim Tekno Liputan6.com lakukan dengan menggunakan aplikasi Ookla Speedtest, Rabu (29/7/2015) menunjukkan bahwa kecepatan 4G LTE Smartfren di Malang tak secepat di Surabaya. Rata-rata hanya menembus 10 Mbps untuk download dan 4 Mbps untuk upload.

Pun demikian, di wilayah tertentu, tepatnya di kawasan sekolah SMPK Frateran di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Malang, sesekali kami memperoleh kecepatan download hingga 17 Mbps dan 5 Mbps untuk upload. 

Adapun lokasi drive test yang digelar kali ini dimulai dari Jalan S Parman, Jalan Terusan Borobudur, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Semeru, dan berakhir di Jalan Pahlawan TRIP.

Hasil drive test layanan 4G LTE Smartfren di Malang (Foto: Iskandar/Liputan6.com)

"Ketika melakukan drive test dengan mengggunakan aplikasi Ookla Speedtest, setiap pengujian akan memperoleh informasi data yang berbeda karena masing-masing handset mengambil data ke server yang berbeda. Jadi, wajar bila setiap handset memberikan hasil kecepatan download dan upload yang berbeda pula," kata Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren di Malang, Jawa Timur.

Munir menambahkan, pengalaman pengguna saat menggunakan internet berbeda-beda, ada yang memperoleh kecepatan tinggi dan lamban. Namun yang namanya trial, tambahnya, kecepatan belum stabil karena coverage jaringannya tidak maksimal.

Sementara itu, hasil drive test di Surabaya, Jawa Timur, kecepatan rata-ratanya mencapai 20-30 Mbps untuk download dan 3-4 Mbps untuk upload.

Namun, saat memasuki lokasi yang cukup padat penduduk dan melakukan uji coba jaringan dengan berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya, kecepatan untuk download maupun upload menurun drastis yaitu hanya menyentuh angka 5-9 Mbps untuk download dan 1-4 Mbps untuk upload.

(isk/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini