Sukses

Dunia Fashion Akan Didominasi Model Robot

Model robot wanita, fembot (female bot) sempat digunakan untuk menjadi model majalah dan model runway untuk koleksi fall 2015.

Liputan6.com, New York - Dunia fashion merupakan industri yang penuh dengan inovasi, seni serta terobosan yang kerap dinilai `aneh` oleh banyak orang awam.

Bahkan, industri fashion dikabarkan telah bersiap untuk menerima invasi robot yang dapat dimanfaatkan sebagai model runway untuk berlaga di panggung catwalk.

Mengutip informasi Ubergizmo, Sabtu (1/8/2015), beberapa fashion designer seperti Thom Browne, Rick Owens dan David Koma mengungkap bahwa mereka telah mengadopsi fembot, sebuah model robot wanita (female bot) untuk menjadi model majalah dan model runway untuk koleksi fall 2015.

Para fashion designer ternama tersebut menjelaskan bahwa desain fembot dirancang sedemikan rupa hingga mirip seperti model wanita sungguhan. 

Hanya saja, perbedaannya terlihat di pakaian yang dikenakan. "Dress yang dikenakan memiliki beberapa titik solder dan sirkuit komputer yang tersemat di balik gaun mereka," ungkap Browne.

Untuk ke depannya, para perancang fembot yang bekerja sama dengan pelaku fashion akan merencanakan pembuatan robot yang tampil lebih mirip seperti manusia, tidak hanya dari penampilan namun juga dari tingkah laku dan gerak-gerik. Hal tersebut tengah dikembangkan lewat penelitian yang dilakukan ke beberapa model wanita.

Tak hanya robot wanita, robot pria pun sedang dikembangkan agar dapat mengimbangi keperluan para pelaku fashion ketika ingin menggunakan jasa para model kaum adam. Hal tersebut akan diuji coba terlebih dahulu untuk foto kover sebuah majalah.

Nantinya, para robot ini tidak hanya akan dipakai untuk keperluan foto kover majalah atau pun catwalk. Namun, juga bisa digunakan untuk keperluan iklan dan bahkan dipakai untuk shooting video klip. 

Bisa dibilang, nantinya semua bidang di ranah industri fashion akan didominasi para robot tersebut. Bagaimana menurut Anda, apakah dunia fashion sudah tidak lagi memerlukan model manusia sungguhan?

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.