Sukses

Facebook Raih 968 Juta Pengguna Aktif Harian

Kesuksesan Facebook ini sangat berbanding terbalik dengan keterpurukkan Twitter di periode yang sama tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook baru saja mengumumkan laporan keuangan perusahaan untuk kuartal kedua tahun 2015. Pada periode ini performa Facebook dinilai sangat memuaskan dan mampu mendekati ekspektasi para analis.

Menurut yang dilaporkan laman Business Insider, Jumat (31/7/2015), Facebook sukses mencatatkan 968 juta pengguna aktif harian. Sekitar 164 juta di antaranya berasal dari Amerika Serikat dan Kanada.

Mayoritas analis sendiri sebelumnya memprediksi Facebook dapat mencapai angka 970 juta pengguna aktif harian.

Kesuksesan Facebook ini sangat berbanding terbalik dengan keterpurukkan Twitter di periode yang sama tahun ini. Twitter hanya mampu menambah 2 juta pengguna aktif bulanan dari 32 juta menjadi 34 juta pengguna.

Saingi Google di pasar iklan digital

Analis Gene Munster dari Lembaga Keuangan Piper Jaffray menjabarkan bahwa saat ini sebenarnya sedang terjadi 'perang' antara Facebook dan Google di pasar iklan digital berbasis video. 

"Facebook secara perlahan meraih perhatian dari pengiklan dibanding Google yang tentu saja memiliki peluang di video" katanya.

Menurut data Munster, klan digital Google dilihat 8 miliar kali dalam satu hari melalui YouTube. Sedangkan Facebook melaporkan bahwa jumlah viewer video mereka naik dari sekitar 1 miliar menjadi 4 miliar per harinya.

"Jadi misteri ini tentang apa yang terjadi dalam video antara Facebook, dan Google, namun pada akhirnya facebook dan Google sama sama meraih keuntungan " kata Munster.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.