Sukses

Google Translate Bisa Terjemahkan Teks Lewat Kamera

Google Translate kini bisa menerjemahkan teks secara real time melalui fitur kamera, tanpa membutuhkan koneksi internet.

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali menambah kemampuan salah satu layanannya yaitu Google Translate. Keunggulan baru yang disuguhkan layanan penerjemah bahasa ini adalah bisa menerjemahkan teks secara real time melalui fitur kamera, tanpa membutuhkan koneksi internet.

Jika tengah berada di sebuah destinasi yang asing tanpa koneksi internet dan menemukan rambu berbahasa Inggris yang tidak dipahami, Anda bisa mengandalkan aplikasi Google Translate yang ada di ponsel. Pengguna Google Translate di Indonesia mulai Kamis (30/7/2015) kemarin sudah bisa menikmati teknologi ini.

Anda hanya harus membuka aplikasi Google Translate di ponsel Android dan iOS, kemudian menekan ikon kamera, dan mengarahkannya pada teks bahasa Inggris yang ingin diterjemahkan, misalnya rambu jalan, menu restoran, atau resep. Anda akan melihat teks bertransformasi ke bahasa Indonesia di layar ponsel secara langsung.

“Kami sadar kalau pengguna paling membutuhkan alat penerjemah saat mereka jauh dari komputer, atau saat mereka tidak terhubung pada internet, misalnya saat berwisata atau memesan makanan di restoran. Kami bekerja keras untuk terus memberi pengalaman baru sesuai kebutuhan pengguna. Maka kami senang sekali bisa menyediakannya bagi pengguna di Indonesia,” kata Product Manager Google Translate, Julie Catteau, dalam keterangan resminya.

Google Translate (Foto:Ist)

Indonesia menjadi satu dari 27 bahasa yang sekarang bisa menikmati teknologi ini.

Selain itu, bagi pengguna di Indonesia, dengan koneksi internet yang kadang tidak stabil, tim Google Translate juga telah memperbarui fitur mode percakapan menjadi lebih mulus dan netral pada koneksi internet lemah. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam dua bahasa yang berbeda, yang kemudian akan diterjemahkan oleh Google Translate secara real time.

“Setengah dari konten internet tersedia dalam bahasa Inggris, tapi hanya 20% dari populasi dunia yang fasih berbahasa Inggris. Semoga usaha kami ini bisa membantu Anda berkomunikasi dan menemukan informasi yang dibutuhkan, di mana dan kapan pun,” ungkap Julie.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.